March 7, 2011

tentang film : piala oscar

terakhir kali saya pergi nonton film ke studio 21 adalah kurang lebih tiga minggu silam, nonton film indonesia : rindu purnama. adapun film luar terakhir kali 1 bulan silam : film shaolin.

ketika merebak berita di media cetak tentang bea atas royalti film impor dan isu panas boikot dari MPA (Motion Picture association of America) yang akan menghentikan distribusi film di Indonesia (majalah tempo edisi 28 pebruari – 6 maret 2011) saya tidak memiliki waktu untuk menonton film ke bioskop. saya pikir kalau sampai di studio 21, satu-satunya biokop yang ada di kota banjarmasin, tempat saya menonton film tidak menayangkan lagi film-film buatan holywood, apa kata dunia ? tak seronok lah kata upin..he..he… padahal di tahun 2011 ini ada banyak film yang saya, dan mungkin juga banyak orang tunggu pemutarannya :

1. Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2
2. Pirates of the Caribbean: In Stranger Tides
3. X – Men : First Class
4. Thor
5. Mission Impossible 4
6. The Twilight Saga: Breaking Down
7. Captain America: The First Avenger
8. Kungfu Panda 2
9. Fast & Furious 5
10. Transformers: Dark of The Moon

untunglah, meski polemik pajak film impor dan boikot tersebut marak di media cetak, di surat kabar kompas (2 maret 2011) dan radar banjarmasin (3 maret 2011) di iklannya studio 21 masih menayangkan film-film luar negeri, di antaranya : the tournament, fair game, london boulevard, the fighter, king’s speech, 22 bullets, the mechanic, high lane, dll.

mudahan saja, tidak akan terjadi boikot dan antara pemerintah dalam hal ini dirjen pajak dan MPA akan menemukan solusi terbaik tentang masalah bea atas film impor. kalau sampai film holywood tidak lagi tayang di bioskop, saya kuatir, jamgan-jangan di bioskop nantinya malah bergentayangan film-film hantu, komedi slasptik dan film-film mesum.

lepas dari berita tentang polemik pajak film impor dan isu boikot, sebenarnya ada berita menarik dan jadi perbincangan hangat para penggiat dan penikmat film di seluruh dunia, yaitu acara penganugerahan academy awards ke-83 di kodak theatre, Hollywood (27/2/2011). ---kompas, 2 maret 2011---

the king’s speech dinobatkan sebagai film terbaik academy awards ke 83 atau piala oscar 2011 dan sang sutradara film tersebut, tom hooper mendapatkan piala oscar untuk penyutradaraan terbaik dan colin firth meraih piala oscar sebagai aktor terbaik. the king’s speech juga mendapatkan oscar untuk scenario asli terbaik.

berikut hasil lengkapnya :
film terbaik : the king’s speech
sutradara terbaik : tom hooper (the king’s speech)
aktor terbaik : colin firth (the king’s speech)
aktris terbaik : natalie portman (black swan)
aktor pendukung terbaik : christian bale (the fighter)
aktris pendukung terbaik : melisa leo (the fighter)
skenario asli terbaik : the king’s speech
sinematografi terbaik : inception
efek visual terbaik : inception
tata suara terbaik : inception
mixing suara terbaik : inception
skenario adaptasi terbaik : the social network
ilustrasi musik terbaik : the social network
editing terbaik : the social network
film asing terbaik : in a better world (denmark)
film animasi terbaik : toy story 3

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.