August 2, 2011

Reading Newspaper : Puasa Hari Pertama dan Sahur Kedua

Bisnis Online Murah & Mudah
Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network
Sangat cocok utk Semua Kalangan
www.dbc-network.com
-----------------------------------------------------------------

alhamdulillah sudah sampai sahur kedua untuk puasa dihari kedua di bulan ramadhan. di hari pertama, puasa ramadhan, alhamdulillah juga bisa dijalani dengan baik. dikatakan bahwa di bulan ramadhan adalah bulan yang baik untuk belajar ilmu-ilmu agama dan juga bulan yang sangat di anjurkan untuk memperbanyak membaca ayat-ayat al qur’an, di bulan ramadhan pula setiap amal baik perbuatan kita dilipat gandakan pahalanya. dan inilah sebagian yang saya lakukan di hari pertama bulan puasa. belajar atau memperdalam ilmu agama, tadarus al qur’an dan meningkatkan ibadah.

meski demikian, aktivitas harian saya, membaca surat kabar masih saya jalankan. porsi baca al qur’an di perbanyak, baca koran tetap. he..he...
dibulan ramadhan ini “wajah surat” kabar memang tidak berubah, sama seperti hari-hari biasanya...masih memuat berita politik, ekonomi, olah raga hingga sosial budaya... namun, ada sedikit penambahan berita atau tulisan yang bernuansa ramadhan dan religius.

di hari pertama ini, di surat kabar yang saya baca, saya “memunguti” beberapa pelajaran yang sangat menarik dan inspiratif dijadikan bahan renungan dan penggalian akan hikmah ramadhan.

pertama, ada tentang kesungguhan dalam beribadah selama bulan ramadhan dan pentingnya kita menghitung dan mengisi sisa-sisa umur kita. kutipan menarik yang saya ingin tulis ulang dari tulisan yang saya baca di surat kabar hari ini (1/08/11) adalah ; “usia manusia memang singkat. hanya karya-karya kebaikan yang dapat membuatnya lebih panjang dan abadi” (menghitung hidup, mujiburrahman, bpost 1/08/2011)

kedua, berkah puasa dan berkah sahur. ada hadist yang sangat dalam maknanya, bisa dijadikan pedoman dalam dalam hidup yang saya dapatkan dari membaca surat kabar hari ini (1/08/11)---media kalimantan---, berikut hadist tersebut ;

“barangsiapa berpuasa pada bulan ramadhan kemudian mengikutinya dengan enam hari pada bulan syawal, maka ia bagaikan berpuasa selamanya”

“makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya di dalam saur terdapat barakah (berkah) bagi orang yang berpuasa”

ketiga, menjaga akhlak selama bulan ramadhan, dari tulisan yang saya baca di surat kabar media kalimantan (1/08/11), dengan membaguskan akhlak dibulan ramadhan Allah akan menyelamatkan kita tatkala melewati titian shiratal mustakim di akherat kelak.

menutup tulisan ini ; ada satu lagi kalimat yang sangat insipiratif yang saya dapatkan ketika membaca surat kabar (bpost/1/08/11) yang terdapat didalam tulisannya pak komaruddin hidayat ; ketika seorang mukmin hatinya telah dipenuhi rasa cinta dan rindu pada Allah yang mahakasih dan pemurah, panggilan shalat merupakan panggilan yang indah dan menggairahkan, layaknya anak muda yang jatuh cinta selalu ingin berjumpa dengan kekasihnya.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.