December 2, 2011

sekapur sirih, 1 desember, sejumlah ide dan pikiran yang “hang”

tanggal 1 desember. bingung mau menulis apa. dari kemarin siang sampai dengan subuh ini, saya seperti kehilangan akal. dari surat kabar, buku, majalah hingga puluhan blog saya baca. banyak hal sebenarnya---yang menarik dan inspiratif---yang bisa saya jadikan bahan postingan di blog. tapi, kesulitannya adalah pikiran “hang” bila diajak mikir. bahkan, di ajak menghayal pun pikiran ne sepertinya ogah. alhasil, tak ada satu kalimat pun yang bisa saya tulis.

sementara, tuntutan “keinginan” bahwa mulai 1 desember harus tancap gas, full speed nge-blog dan daftar panjang ide yang dipajang di daftar “to do list” terus saja mendesak, menyeruak dan menuntut-nuntut. 1 desember, menjadi situasi yang paling kacau dalam pikiran. sudah di restart berkali-kali ne pikiran, tapi setelah booting selesai, hang lagi, hang lagi. apakah pikiran saya kena virus. di scanning dengan anti virus ternyata clean, nggak ada malware atau trojan yang menginfeksi... depresi, stress juga jadinya menghadapi situasi seperti ini...

belum lagi sejumlah daftar pekerjaan lainnya yang lebih mendesak dan menuntut lagi. gara-gara pikiran yang hang, saya merasa hidup jadi kacau, banyak waktu yang terbuang percuma, semua aktivitas yang dilakukan seperti sia-sia. tak ada guna tak ada hasil.

pengen rasanya meng-install ulang pikiran, meng-up grade-nya dengan os paling anyar dan mereparasi semua hardware-nya. berharap dengan di instal ulang, pikiran ini setidaknya bisa balik normal, bisa berpikir jernih, bisa bekerja dengan lebih maksimal dan tentunya bisa diajak berpacu dengan kecapatan di atas rata-rata. tapi apa bisa ya ?

entahlah, dalam situasi yang serba sulit, ketika mental saya sedang berada dititik bawah dan semangat saya tinggal kelap-kelip, yang tersisa hanyalah pasrah dan ungkapan : tak bisa.

untuk keluar dalam situasi yang tak nyaman ini, sedikit langkah kecil saya lakukan : mendinginkan pikirian, berusaha untul me-refresh pikiran dengan mendirikan shalat tahajud. setidaknya usaha ini, akan membuat pikiran saya bisa diajak tenang dan mau pelan-pelan di ajak mikir.

satu titik kesadaran muncul : saya harus berubah, berbenah. tidak mungkin saya harus terus menerus berada dalam situasi yang seperti ini. saya tidak boleh kalah oleh pikiran yang hang, saya tidak mau menderita karenanya... saya harus bisa. selarik kalimat singkat dari Pandji Pragiwaksono yang saya baca subuh ini halaman http://obrolanlangsat.com/ menguatkan hati saya :

“orang menjadi sukses karena optimistis, bukan sebaliknya”

sambil menunggu azan subuh, saya mereview ulang daftar ide yang harus saya realisasikan di bulan desember ini :

- 12 blog paling menginspirasi
- 12 film indonesia yang paling menginspirasi di tahun 2011
- belajar dari david beckham
- catatan yang tertinggal di bulan nopember
- inspirasi dari mereka yang gigih dalam berusaha
- 12 band indonesia yang layak disebut legendaris
- catatan hari sabtu--- inspirasi dari bacaan favorit
- sekali lagi tentang otak kanan
- kuliner khas orang banjar, kalimantan selatan
- seri “mereka bisa, kenapa saya tidak?”
- kenapa harus blogspot ?
- 12 tweet yang paling menginspirasi
- facebook versus blog
- makna hidup ?
- inspirasi dari buku harus bisa
- setelah satu tahun, catatan yang terlambat
- 12 buku yang menginspirasi di tahun 2011
- 12 acara tv favorit saya
- 12 cover majalah paling keren di tahun 2011
- 12 iklan yang paling keren di tahun 2011
- blog dan sejuta impian
- persiapan menuju tahun 2012
- tumpukan surat kabar, harus bagaimana ?
- blog bahasa inggris, haruskah ?
- 12 tokoh masa lalu yang menginspirasi
- 12 tokoh masa kini yang menginspirasi
- belajar resep kaya dari orang china
- special kuliah subuh dari ustad yusuf mansur
- 12 ide bisnis dalam bidang ide kreatif
- pelajaran khusus : menguak rahasia sukses di usia muda


sudah azan subuh. saya harus menghentikan tulisan saya ini. saya harus melaksanakan kewajiban dulu. setelah itu, saya mulai action dan mudahan saya bisa tancap gas

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.