November 24, 2011

pelajaran keempat, dari buku kedua, cara menaklukkan musuh dalam diri

menyambung lagi postingan hari kemarin tentang baca baca buku, nge-blog dan beberapa pelajaran. sambungan postingan untuk hari ini adalah yang keempat. yang sebelumnya adalah :
pelajaran kedua, dari buku pertama, tiga kriteria usaha maksimal
baca buku, nge-blog dan pelajaran ketiga

untuk postingan yang keempat ini, saya beri judul : pelajaran keempat, dari buku kedua, cara menaklukkan musuh dalam diri.

cara menaklukkan musuh dalam diri ini saya ambil dari buku prof. rhenald kasali dalam buku beliau yang berjudul cracking zone (2011). di bab 10 : epilog : think and rethink, sub bab ancaman internal.

menurut prof. rhenald kasali, untuk menghadapi lawan-lawan dari luar, musuh-musuh di dalam harus ditaklukkan lebih dahulu. musuh itu ada pada pikiran dan kebiasaan-kebiasaan kita. kita harus keluar secepatnya dari comfort zone, dengan cara :

pertama, ubahlah kebiasaan bekerja dengan cara-cara lama. carilah cara baru. mustahil memperoleh hasil yang luar biasa dengan cara-cara kerja yang biasa-biasa saja.

kedua, tetapkan target yang lebih tinggi. dengan menetapkan target yang lebih tinggi, kita akan dipaksa mengeluarkan energi yang lebih besar. kita akan memeras lebih banyak pikiran dan mencari cara-cara baru untuk melompat ke kurva kedua yang lebih tinggi.

ketiga, ciptakan atau tempatkan diri kita pada krisis. ada dalam situasi krisis adalah kesempatan yang bagus untuk berubah karena saat krisis akan membuat mata kita terbuka dan otak kembali bekerja. dengan adanya krisis kita akan dituntut untuk lebih aktif melakukan eksplorasi. kata prof. yohanes surya : “tempatkanlah diri anda pada situasi krisis, maka alampun akan memberikan dukungan”.

----------------------------------------------
Ahsan Shop
adalah blog tempat menjual aneka camilan, oleh-oleh atau makanan ringan yang khas dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Propinsi Kalimantan Selatan
www.kiosahsan.blogspot.com

2 comments:

  1. ada dua poin setelah membaca artikel ini,

    1.musuh utama sebenarnya adalah diri kita sendiri. kalau kita bisa menklukannya dan mengendalikannya, sepertinya semua hal akan mudah untuk kita lakukan.

    2.THE POWER OF KEPEPET.
    saya yakin semua orang bisa mengalaminya. saat kepepet, kita akan dengan mudah mengeluarkan segala daya dan upaya yang kita punya agar bisa terbebas dari masalah.

    ReplyDelete
  2. @ panduan belajar blog : thanks ya dah koment dan bikin poin tambahannya...inspiratif...

    ReplyDelete

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.