November 21, 2011

baca buku, nge-blog dan pelajaran kedua

pelajaran kedua, dari buku pertama, tiga kriteria usaha maksimal

menyambung tulisan sebelumnya : baca buku, nge-blog dan beberapa pelajaran

masih kelanjutan dari membaca buku the balance ways, pelajaran yang saya dapatkan di halaman berikutnya dalam buku the balance ways ini adalah tentang usaha maksimal. dituliskan dalam buku ini bahwa semua pekerjaan, seperti mencangkul yang dilakukan oleh petani, memberi makan ternak oleh pengembal, mengatur lalu lintas seperti yang dilakukan polisi, atau mengobati pasien seperti yang dilakukan oleh dokter, merupakan manifestasi dari dari usaha. namun, belum tentu dari semua pekerjaan tersebut, atau yang kita lakukan bisa dikategorikan sebagai usaha maksimal. menurut buku ini, usaha maksimal memiliki tiga kriteria yaitu : usaha keras, usaha cerdas dan usaha ikhlas.


usaha keras
menurut buku ini tantangan yang menghadang di depan mata takkan menyurutkan langkah pekerja keras untuk mewujudkan cita-cita. keinginan untuk sukses dalam karier, rumah tangga maupun ibadah harus diperjuangkan dengan gigih. belajar dari bangsa jepang yang luluh lantak tapi kemudian bangkit karena budaya kerja keras.

kita tak akan dapat mengejar ketertinggalan ini selama terus berjalan santai, sementara orang lain berlari kencang

ada dua karakter yang perlu dimiliki dalam mewujudkan usaha keras ini, yaitu komitmen dan disiplin. dalam usaha maksimal komitmen paling penting yang harus ditanamkan adalah menjadikan “hari ini lebih baik dari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini”

setiap orang apapun pekerjaannya dituntut untuk hidup disiplin. kedisiplinan bukan hanya milik tentara dan polisi. disiplin erat kaitannya dengan melatih diri. pesan bijak dari aa gym tentang disiplin ;
untuk melatih disiplin, mulailah dari diri sendiri, mulailah dari hal kecil dan mulailah detik ini

usaha cerdas
jika kita sudah banting tulang tapi hasilnya tidak maksimal, kita perlu menginstropeksi diri : apakah kecerdasan kita telah memberi peran dalam usaha maksimal. salah satu faktor yang menjadikan kita tertinggal dari orang lain adalah kita malas mendayagunakan akal.

usaha ikhlas
usaha kerjas dan cerdas tidak selalu membuahkan kenyataan yang sesuai harapan. disinilah usaha ikhlas menjadi penyempurna yang membuat usaha jadi maksimal. keikhlasan dalam berusaha akan membuat kita tidak gampang jatuh dan menyerah meski kegagalan datang menerjang. keikhlasan akan membuat kita bekerja secara maksimal, bekerja dengan dasar cinta tanpa pamrih.

menurut buku the balance ways ini, ada dua kata kunci yang bisa menjadikan kita bekerja dengan ikhlas, yaitu iman dan manajemen hati.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.