December 21, 2011

12 tokoh masa lalu yang menginspirasi

bukan hanya sekedar untuk mengenang para “pahlawan” yang telah mendahului kita... membaca buku sejarah.... membaca buku biografi tokoh-tokoh di masa lalu...bukan sekedar menteladani jejak-jejak historis-nya saja... tapi kita bisa menggali inspirasi, motivasi dan refleksi dari setiap lembaran kisah hidup mereka...

berangkat dari hal di atas, saya membuat tulisan pendek yang “memilih” 12 orang yang saya anggap dalam versi dan persepsi saya sebagai “tokoh” dari masa lalu... yang cerita tentang hidup mereka bisa menginspirasi saya, dan mungkin juga kita semua... berikut 12 tokoh masa lalu yang menginspirasi tersebut :

1# mohammad hatta


“hatta melukiskan ketegasan, keberanian, dan optimisme yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin indonesia jika dia harus menghadapi kekuasaan kolonial dan memenangkan kemerdekaan bagi negerinya… memiliki peran yang penting dalam mendirikan indonesia “sekaligus menjadi” seorang negarawan kaliber tertinggi yang siap mengorbankan ambisi, kekayaan, dan kedudukan demi cita-citanya”

(mavis rose, penulis buku : indonesia merdeka : biografi politik mohammad hatta)

2# sutan syahrir


“sjahrir jelas berhasil mengukuhkan dirinya sebagai orang yang layak duduk dalam “triumvirat bung” pendiri republik ini (majalah tempo, 16/1/2000)

“dia salah seorang tokoh besar dari kebangkitan asia”
(herbert feith)

3# haji agus salim


“dia perpaduan antara intelektualitas, kesederhanaan, dan kematangan berpolitik. pemikir dan politisi islam yang melampaui zamannya” (majalah tempo, 16/1/2000)

4# p.k. ojong


“hidup sederhana dan berpikir mulia”
“satu dari dua pendiri kompas gramedia”

5# teguh karya


“salah satu godfather film indonesia. berangkat dari dunia teater, teguh karya membuat banyak film berkarakter dan artistik” (majalah tempo, 16/1/2000)

6# chairil anwar


“pelopor puisi modern indonesia… di tangannya, bahasa indonesia menjadi lebih hidup, lebih punya vitalitas, lebih cerdas dan tiada ruang kosong di antara pilihan-pilihan kata itu” (majalah tempo, 16/1/2000)

7# rendra


“rendra adalah seorang sutradara, aktor dan pembaca puisi yang memukau. dialah yang memperkenalkan terra incognita di dunia teater modern indonesia”
(majalah tempo, 16/1/2000)

8# william soeryadjaya


“taifan, bekas orang terkaya kedua se republik indonesia. pendiri kerajaan bisnis dan perusahaan otomotif terbesar di indonesia”
(majalah tempo, 16/1/2000)

9# k.h. ahmad dahlan


pendiri muhammadiyah, organisasi massa islam yang berpusat di jogyakarta.
(majalah tempo, 16/1/2000)

10# buya hamka


“ulama dan sastrawan”
(majalah tempo, 16/1/2000)

11# pramoedya ananta toer



“sebagai sastrawan, daya hidup kreatifnya sulit tertandingi”
(majalah tempo, 16/1/2000)

“pengarang prosa indonesia nomor wahid, tanpa saingan dalam abad ini”
(a. teeuw, kritikus belanda)

12# h.b. jassin


“paus sastra indonesia… salah satu jasa terbesarnya adalah mendokumentasikan sastra indonesia”
(majalah tempo, 16/1/2000)

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.