December 28, 2011

kenapa harus blogspot ?

ini pertanyaan yang sedikit agak mengganggu dalam dua bulan terakhir : kenapa harus (pakai) blogspot untuk nge-blog ? tidak dijawab pun sebenarnya, tidak apa-apa... tidak begitu penting juga....tetapi, membuat jawaban atas pertanyaan itu merupakan sebuah pertanggungjawaban plus bisa melegakan hati karena pikiran tidak terbebani lagi oleh pertanyaan tersebut...

setelah mengkhayal kesana-kemari akhirnya saya menemukan jawabannya :

pertama, layanannya freemium
apatuh freemium... salah tulis mungkin, harusnya : premium... tidak salah tulis. kata freemium ini, saya dapati dalam buku prof. rhenald kasali yang berjudul : cracking zone (2010)... di dalam buku tersebut ada dibahas tentang kata freemium itu. disini saya tidak akan membahas yang ditulis dalam buku tersebut. saya ingin mengartikan sendiri kata freemium menurut versi saya sendiri. secara sederhana saya mengartikan kata freemium sebagai “gratis”... kemudian kata “mium” itu di ambil dari kata “premium” yang dalam artian saya premium = fasilitas yang mewah. jadi freemium adalah istilah yang bisa kita artikan “sesuatu yang mewah (fasilitas) yang digratiskan”... ibaratnya kita diberi tiket gratis nonton konser untuk duduk di kursi vvip... nah, begitulah dengan blogspot...sudah gratis...fasilitas yang disediakan ber-level premium...


kedua, saya malas mikir
ini sebenarnya tabiat yang tidak baik. sangat tidak mendidik..he...he... sesudah sekian lama nge-blog. saya memang tertarik memakai domain nama sendiri dan menyewa hosting... ada domain yang sudah saya beli..yang web-nya tidak jadi-jadi...sampai kadaluarsa hosting-nya... dan ada lebih 10 buah buku toturial membuat web yang tak tersentuh sama sekali ; mulai dari jomla, wordpress, sampai dengan bahasa pemprograman berbasis c++ (kalau tidak salah)... malas ingatnya... malas pikir untuk melakukan proses instalasi segala macam aplikasi untuk membuat sebuah web.... beda kalau nge-blog pakai blogspot... mudah dan nggak pakai mikir ribet...he...he...

ketiga, akses internet
saya tidak memiliki sarana yang memadai untuk akses internet. tidak punya komputer yang spek-nya mendukung untuk membuat web. untuk supaya bisa internetan saya hanya menggunakan modem dari hape butut... itupun kalau ingin tidak ingin lelet, internetan-nya tengah malam sampai dengan subuh... kalau mau internet ke warnet perlu waktu, jarak dan dana yang cukup... dan untung-nya membuat postingan blog di blogspot tidak terlalu memakan di pulsa... mudah, dan cepat pula...

keempat, i love simple...
simple is beautiful.... sederhana itu indah, dan itu saya suka... themes’s nya blogspot itu sederhana tapi indah, enak di pandang mata. tidak ribet, tidak berat, tidak kasar...

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.