December 25, 2011

12 ide bisnis dalam bidang ide kreatif

kadang kita selalu berpikir, bahwa modal bisnis itu harus berbentuk uang. dan terbentuk lah pola pikir kita : tanpa uang tak ada bisnis. kita menganggap uang sebagai faktor penting untuk berbisnis. uang memang penting. namun, tanpa uang bukan berarti kita tak bisa memulai sebuah bisnis. bagi mereka yang berjiwa wirausaha, uang bukan segalanya. karena ada juga modal yang tidak harus berbentuk uang, salah satunya adalah modal ide. yup, tepatnya bisnis ide. dengan bermodal ide kita juga bisa berbisnis. dengan bermodal ide plus kreatif, kita bisa mendapatkan uang.

dalam postingan saya kali ini, saya akan memaparkan 12 ide bisnis yang bermodalkan ide kreatif. langsung saja ya...berikut 12 ide tersebut :

pertama, desainer presentasi
kedua, desainer web
ketiga, animator
keempat, penulis artikel
kelima, software develover
keenam, blogger
ketujuh, ghostwriting
kedelapan, coprwriter
kesembilan, proofreading
kesepuluh, pembuat proposal
kesebelas, penjual kliping
keduabelas, kursus

nah, itu tadi 12 ide bisnis, bermodal ide...sekarang kita paparkan satu-satu...

dimulai yang pertama, desainer presentasi
desainer presentasi, adalah bisnis ide kreatif. dan mungkin bukan sebuah bisnis yang umum. tapi, bisnis punya prospek yang cukup cerah. saat ini, kebutuhan akan presentasi diperlukan dan tidak terpisahkan dari kegiatan pelatihan, seminar, rapat, pemaparan hasil penelitian bahkan sampai dengan kegiatan promosi.

tidak semua orang mampu dan bisa membuat presentasi yang menarik dari segi desain dan informatif. bagi kita yang punya keahlian dalam membuat desain. bisnis ini memberikan peluang. dengan menawarkan jasa pembuatan desain presentasi, yang biasanya menggunakan aplikasi berbasis powerpoint.

ada beberapa jasa yang dapat ditawarkan oleh desainer presentasi, selain pembuatan presentasi yaitu jasa desain template presentasi, jasa penjualan presentasi dengan tema-tema tertentu, jasa memperbaiki tampilan slide presentasi.

sebagai referensi bagaimana menjalankan bisnis ini bisa lihat web ini : www.rajapresentasi.com, www.presentationmagazine.com, www.presentationtree.com, www.graphics.com, dan www.power-point-presentation.com

ide bisnis yang kedua, desainer website
bisnis desain website bolehlah dikatakan “level-nya” lebih tinggi dari desainer presentasi. desainer website atau bahasa kerennya web developer ada bisnis berbasis ide kreatif yang menyediakan jasa pembuatan website dengan desain yang keren dan unik.

peluang usaha desainer website ini cukup terbuka lebar mengingat kebutuhan banyak orang juga kalangan dunia bisnis yang ingin memiliki web di era web.2.0 ini. pendapatannya pun lumayan besar, mengingat banyak orang / perusahaan yang mau membayar mahal untuk memiliki website dengan desain yang menarik dan unik.

modal yang diperlukan untuk menjadi desainer website adalah diantaranya harus berjiwa kreatif, menguasai teknologi informasi, ahli dalam penguasaan komputer, penguasaan segala macam aplikasi yang digunakan untuk membuat website. paham dan menguasai betul internet.

sebagai referensi bagaimana menjalankan bisnis ini bisa, dapat dilihat di web ini : www.rumahdesains.com

yang selanjutnya, yang ketiga adalah ide bisnis menjadi animator
pasar animasi adalah ranah bisnis yang tanpa batas. peluangnya pun tak berbatas. lihat saja tayangan animasi upin dan ipin yang disiarkan disalah satu televisi swasta kita. animator bisa menggarap pasar lokal, di negara sendiri, juga bisa menggarap luar negeri sekaligus. salah satu contoh animator sukses dalam negeri kita adalah castle production yang sebagian besar pendapatan bisnisnya dari hasil menggarap order proyek animasi dari luar negeri.

tertarik untuk jadi animator…? modelnya hanya punya kemampuan menggambar, memiliki ide kreatif dan pintar memanfaatkan peluang untuk mendapatkan proyek animasi…

keempat, penulis artikel
menjadi penulis artitikel merupakan bisnis yang mengutamakan kemampuan kita dalam menulis. tulisan yang kita buat, kita kirimkan ke media massa. apabila media massa tersebut memuat tulisan kita, maka kita akan mendapat bayaran sesuai dengan tarif yang ditentukan oleh media tersebut. peluang usaha seorang penulis artikel agak berbeda dengan bisnis lainnya, karena bisnis ini lebih mementingkan kualitas artikel yang kita tulis.

salah satu tantangan dari bisnis menjadi penulis artikel ini adalah spesialisasi dalam penulisan artikel. redaksi media, umumnya akan memberi peluang yang lebih besar bagi artikel yang ditulis sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh penulisnya. tantangan lainnya adalah masalah aktualitas artikel yang ditulis dan relevansinya dengan media yang kita kirimi tulisan kita. karena masing-masing media punya ciri khas dan misi tersendiri.

kelima, software develover

kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, juga makin pesatnya penggunaan smartphone di masyarakat membuka peluang usaha berbasis ide ini, pembuat software atau aplikasi baik untuk software komputer maupun untuk smartphone. peluang dan hasil yang didapatkan dari bisnis ini pun luar biasa besar.

tadi pagi saya membaca berita sebuah surat kabar, ada diceritakan tentang oon arfiandy, founder 7langit yang sukses membuat aplikasi untuk blackberry. ini menjadi contoh yang menarik untuk kita yang tertarik terjun ke bisnis berbasis ide ini : software develover. dari surat kabar ini pula saya jadi tahu, bahwa untuk seorang pembuat software atau aplikasi ada dua jalur yang bisa ditempuh untuk menghasilkan uang dari aplikasi atau software yang dibuat, pertama di lempar ke pasar konsumen atau dalam istilah kerennya ; bussines to consumer (b2c) dan yang kedua, memcari proyek pembuatan software / aplikasi ke perusahaan tertentu, istilah kerennya ; bussines to bussines (b2b). dari dua jalur ini, menurut oon arfiandy, jalur yang kedua lah yang dapat menghasilkan uang lebih besar, tentunya tergantung kerumitan aplikasi / software yang dibuat.

bagaimana tertarik untuk menjadi software develover ?

keenam, blogger
blogger = bisnis ide yang bisa mendatangkan uang ? ah, masa sih…? kok blogger dimasukkan sebagai bagian dari bisnis yang berbasiskan ide… dari cerita yang saya dapatkan… dari seringnya blogwalking… telah banyak blogger yang sukses dan mendapatkan banyak uang dari blog yang mereka miliki… saya tidak ingin bercerita banyak tentang blog…dan bagaimana memanfaatkan blog supaya bisa mendatangkan uang… istilah kerennya : making money online from blog… karena sudah banyak yang ahli dan cara-caranya bagaimana menjadikan blog sebagai ladang uang…

dalam tulisan ini saya hanya ingin mengatakan bahwa menjadi blogger adalah bisa menjadi salah satu pilihan bisnis berbasis ide… dan saya pun sedang merintis agar blog saya pun bisa mendatangkan uang juga…he..he…

ketujuh, ghostwriting
kalau kita terjemahkan secara harfiah... kata ghostwriting bisa diartikan sebagai “penulis hantu”... wah, kalau begitu...menakutkan sekali...he...he... tapi, dalam tulisan ini, kita mengartikannya sebagai orang yang menulis buku atas nama atau pesanan dari orang lain. atau tepatnya, kita menulis buku atau jenis tulisan lainnya untuk orang lain, dan diatas namakan oleh orang tersebut.

ghostwriting adalah bisnis yang cukup populer di amerika serikat dan eropa. dan di indonesia, peluang bisnis ini sangat cerah dan terbuka lebar. modal utama dalam menjalan bisnis ini adalah ide dan kemampuan yang mumpuni dalam menulis.

bagaimana, tertarik menjadi ghostwritting ?

kedelapan, copywriter
copywriter bukan bisnis yang bisa kita artikan sebagai tukang copy paste...he...he... copywriter berhubungan dengan dunia periklanan. copywriter adalah orang yang memiliki kemampuan “merangkai kata” yang memikat dan memiliki nilai jual tinggi... mungkin, sudah akrab dengan kalimat dari iklan berikut : internet untuk rakyat... satu hati... semakin di depan, melayani dengan setulus hati...

bisnis ini tampak sederhana dan seakan hanya bermodalkan kemampuan merangkai kata saja. tapi, sebenarnya membutuhkan proses kerja yang cukup panjang. perlu keahlian khusus dan riset yang cukup sehingga seorang copywritter mampu menemukan kalimat yang “sangat iklan” sesuai dengan produk yang diiklankan. selama orang perlu iklan untuk produknya...maka selama itu pula, peluang bisnis copywriter itu ada...

kesembilan, proofreading
agak aneh juga ketika saya pertama kali membaca kata proofreading ini... ini bisnis apaan saya pikir... baru tahu... setelah saya baca buku dan riset tentang proofreading... baru kemudian saya ngeh... he...he.... proofreading adalah suatu pekerjaan yang kerjaannya mengoreksi naskah / dokumen apabila ada kesalahan ejaan, tata bahasa, atau pemberian tanda baca... kemudian memperbaiki dan menyempurnakannya sesuai kaidah penulisan dan ketentuan bahasa yang berlaku.

modal dalam menjelaskan bisnis proofreading adalah ide, kemampuan dan keahlian editing, serta menguasai “ilmu” tata bahasa, ejaan dan tanda baca.

kesepuluh, pembuat proposal
bisnis ini sebenarnya agak mirip-mirip saja dengan bisnis berbasis ide kreatif seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya... misal, penulis artikel, pembuat presentasi, dan ghostwriting... bedanya hanya pada teknik pembuatan dan gaya penulisannya jasa. ada berapa jenis proposal yang biasanya dibuat orang, sesuai dengan tujuan dari pembuatan proposal tersebut, contohnya yaitu :
proposal penawaran bisnis
proposal rencana bisnis
proposal mohon bantuan dana
prososal penyusunan skripsi
proposal penyusunan tesis


kesebelas, penjual kliping

dari pada surat kabar di rumah menumpuk... lebih baik kita jadikan kliping dan kita jual... atau kita punya banyak sekali file download-an, baik berita ataupun artikel yang tersimpan di folder komputer ? kenapa tidak kita jual saja kliping itu di internet ? tidak banyak orang yang menjalankan bisnis ini... sementara kebutuhan data / bahan untuk pembuatan makalah, tulisan, skripsi bahkan tesis makin meningkat. nah, untuk mempermudah mereka yang pengen bikin tulisan atau makalah... kita tawarkan saja kliping yang sudah kita susun dalam tema-tema tertentu, kita simpan dalam cd atau flash disk... harga kliping pun bisa kita tentukan sendiri.

bagaimana, tertarik untuk menjalankan bisnis ini ?

dan ini yang terakhir, ide bisnis yang keduabelas, yaitu penulis skenario
bisnis penulisan skenario adalah salah satu bisnis berbasis ide yang prosepeknya masih cerah. selama ada sinetron di televisi...selama masih ada orang yang bikin film... penulis skenario adalah seorang yang bekerja untuk menghasilkan sebuah naskah yang berisi tentang percakapan, gerak, musik, dan film yang akan ditampilkan dalam film atau sinetron.

dengan bermodal ide plus imajinasi yang hebat... bisnis menjadi penulis skenario ini bisa mendatangkan uang yang berlimpah...

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.