December 28, 2011

resolusi baru, harapan baru untuk tahun 2012 dan beberapa sisa pekerjaan...

semakin mendekati ujung bulan desember 2011... dan semakin dekat juga dengan tahun baru 2012... kegalauan ini semakin kuat. disaat berkhayal, meraba kemungkinan “seperti apa” dan “hendak kemana” di tahun 2012 nanti...

apakah perlu menyusun resolusi baru untuk tahun 2012 ? harapan baru, asa baru... sampai dengan baju baru... atau istri baru juga...he...he.... (oh, tidak...) kacau dah kalau menghayal-nya kejauhan...

sadar, ketika saya membaca ulang resolusi yang saya buat di awal tahun 2011 yang hampir 90 persen tidak terlaksana... saya berpikir untuk tidak membuat resolusi lagi di tahun ini... untuk apa membuat resolusi kalau akhirnya tidak terlaksana. lebih baik jalani saja apa adanya. seperti air mengalir sajalah di tahun 2012 nanti. pikiran ini sampai dinihari ini, masih saja mendominasi. sampai kemudian saya menyadari : apa arti resolusi, apa arti harapan, dan apa arti tujuan dalam hidup... dari buku yang saya baca... dari sebuah blog yang saya kunjungi...

dari buku saya dapati kalimat berikut—dan ini sungguh mengguncang pikiran saya—tentang perlunya tujuan dalam hidup : manusia itu hidup jika ia “ada”... eksis, jika ia bergerak, moving dan jika ia memiliki tujuan, makna hidup...

kesimpulan saya : membuat resolusi adalah salah satu dari ciri bahwa saya adalah manusia yang meng-ada, bergerak dan punya tujuan hidup yang jelas...

kemudian dari sebuah blog—berbahasa inggris—saya mendapati kalimat yang juga cukup mengguncang pikiran saya dinihari ini. meski saya tidak 100 persen bisa menterjemahkan dengan baik kalimat bahasa inggris tersebut... tapi makna-nya cukup saya pahami dengan baik : “what is so different for successful people? how did they get where they are? why are you where you are in your life? it’s easier and more comfortable to believe that success just happens to some people

kesimpulan saya : untuk bisa sukses saya harus berbeda dengan orang kebanyakan. dengan membuat resolusi atau harapan baru saya jadi tahu saya sedang berada dimana dan hendak kemana…

dinihari ini saya memutuskan membuat resolusi baru untuk tahun 2012…
resolusi-nya adalah : saya ingin melanjutkan resolusi yang saya buat di awal tahun 2011 kemarin. apa yang belum saya capai harus saya realisasikan di tahun 2012. itu resolusi, dan harapan baru untuk tahun 2012…

untuk mewujudkan resolusi itu jelas saya harus berubah di banding tahun 2011. apa yang menjadi titik lemah yang menjadikan tidak terwujudnya resolusi tahun 2011 harus saya benahi… bila kemarin masih malas, kurang kerja keras dan tergantung mood… tahun 2012—juga mulai detik ini—harus bekerja lebih keras lagi, lebih maksimal, lebih disiplin dan fokus…

ah, jadi terlalu semangat betul membuat resolusi dan harapan baru untuk tahun 2012… jadi ingat dengan “daftar ide postingan untuk bulan desember 2011”… dari 30 ide…setelah saya review ternyata :
1. 12 blog paling menginspirasi
2. 12 film indonesia yang paling menginspirasi di tahun 2011
3. belajar dari david beckham
4. catatan yang tertinggal di bulan nopember 1
5. inspirasi dari mereka yang gigih dalam berusaha
6. band indonesia yang layak disebut legendaris
7. catatan hari sabtu--- inspirasi dari bacaan favorit
8. sekali lagi tentang otak kanan
9. kuliner khas orang banjar, kalimantan selatan
10. seri “mereka bisa, kenapa saya tidak?”
11. kenapa harus blogspot ?
12. 12 tweet yang paling menginspirasi
13. facebook versus blog
14. makna hidup ?
15. inspirasi dari buku harus bisa
16. setelah satu tahun, catatan yang terlambat
17. 12 buku yang menginspirasi di tahun 2011
18. 12 acara tv favorit saya
19. 12 cover majalah paling keren menginspirasi di tahun 2011
20. 12 iklan yang paling keren di tahun 2011
21. blog dan sejuta impian
22. persiapan menuju tahun 2012
23. tumpukan surat kabar, harus bagaimana ?
24. blog bahasa inggris, haruskah ?
25. 12 tokoh masa lalu yang menginspirasi
26. 12 tokoh masa kini yang menginspirasi
27. belajar resep kaya dari orang china
28. special kuliah subuh dari ustad yusuf mansur
29. 12 ide bisnis dalam bidang ide kreatif
30. pelajaran khusus : menguak rahasia sukses di usia muda

baru 13 belas ide yang sudah terealisasi... masih belum separo...sementara sisa waktu yang ada cuma kurang lebih empat hari...sekarang sudah tanggal 28 desember 2011... wah, ada potensi hanya 50 persen saja yang akan terealisasi. saya membuka beberapa file yang sebenarnya sudah saya siapkan dan masih setengah jadi, belum lengkap... berikut beberapa ide yang masih setengah jadi tersebut :

serba dua belas yang menginspirasi :

12 buku yang menginspirasi di tahun 2011 (baru lima buku)

1# indonesia habis gelap terbitlah terang kisah inspiratif dahlan iskan gaya wartawan mengelola kelistrikan, editor ishadi s.k. penerbit b-first

2# pak kalla dan presidennya, ditulis oleh wisnu nugroho, dan diterbitkan oleh penerbit buku kompas

3# nikmatnya berhenti kerja, ditulis oleh ir. murhananto m.m., dan diterbitkan oleh transmedia pustaka

4# mimpi sejuta dolar merry riana, ditulis oleh alberthiene endah dan diterbitkan oleh gramedia pustaka utama

5# young on top : 30 rahasia sukses di usia muda, ditulis oleh billy boen dan diterbitkan oleh gagas media (2009)...

12 tokoh masa kini yang menginspirasi—di indonesia
(masih belum ada deskripsinya---kehabisan ide)
1# dahlan iskan
2# merry riana
3# ippho “right” santosa
4# sri mulyani
5# ali akbar
6# ollie
7# dini shanti
8# riri reza
9# rudi soedjarwo
10# andrea hirata
11# rene suhardono
12# samuel mulia


12 band indonesia yang layak disebut legendaris
(belum sempat riset & deskripsinya)
1. koes plus
2. god bless
3. power metal
4. slank
5. gigi
6. dewa
7. pas band
8. sheila on 7
9. padi
10. zamrud
11. superman is dead
12. peterpan

itu tadi beberapa pekerjaan yang masih tersisa...dan sedih juga, karena halangan mood juga “kesulitan” menemukan ide yang pas... pekerjaan jadi mandek... dan semua itu jadi pelajaran juga pengalaman agar di tahun 2012—sebenarnya mulai sekarang, ketika sadar—untuk tidak lagi “tergantung” di mood, meng-explore ide lebih maksimal lagi...

sudah terdengar azan subuh... tulisan ini harus saya hentikan... mo shalat subuh dulu... setelah itu nulis lagi bila ada waktu yang cukup...

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.