December 28, 2011

kuliah subuh ; resolusi tahun baru 2012 dan tentang keberanian untuk mewujudkannya

alhamdulillah... bisa menulis postingan tentang kuliah subuh lagi setelah shalat subuh. dan kini kita sudah sampai di subuh tanggal 28 desember 2011... ini artinya hanya tersisa waktu kurang dari empat hari lagi kita akan berada di tahun baru 2012... tak terasa ya ? satu tahun hampir akan kita lewati... menyambut tahun baru...biasanya kita akan menyusun resolusi baru untuk tahun baru... sebuah harapan baru untuk tahun yang akan kita jalani di depan.

di postingan sebelumnya saya pun turut menyusun resolusi baru. tapi, dipostingan tentang kuliah subuh ini saya tidak ingin menuliskan kembali tentang resolusi di tahun baru... untuk bahan kuliah subuh ini, saya ingin berbagi tentang sesuatu yang bisa menjadikan resolusi kita itu menjadi nyata... sesuatu yang dapat mendorong terwujudnya resolusi yang kita buat di tahun yang baru...

apakah “sesuatu” itu ? mau tahu ? mau ?
he...he... kok jadi ikutan kayak....... ?
langsung ke tkp sajalah : sebagaimana yang saya baca dalam buku : the balance way yang ditulis oleh m.k. sutrisna suryadilaga (2007)... “sesuatu” itu adalah “keberanian”... berikut paparan kuliah subuh kali ini... tentang keberanian.

dipaparkan dalam buku tersebut : hidup adalah medan perjuangan dan pertempuran. dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu berhadapan dengan perjuangan, bertempur dengan diri sendiri. sadari bahwa dari sekian banyak musuh yang harus dikalahkan, yang terberat adalah musuh yang terdapat di dalam diri kita sendiri. sebelum kita mengalahkan musuh dari luar, terlebih dahulu kita harus mampu mengalahkan musuh yang ada dalam diri kita sendiri. kemenangan akan kita dapatkan jika kita punya keberanian, pantang menyerah, disiplin, tidak takut mati, dan tidak takut hidup atau bolehlah disebut militan.

keberanian adalah kekuatan. apapun yang kita lakukan, kalau kita ingin sukses dan menang harus punya keberanian. keberanian untuk mencoba, keberanian untuk memperjuangkan cita-cita. keberanian merupakan aset yang berharga bagi kita, karena keberanian bisa membuat sesuatu yang mustahil menjadi mungkin. keberanian bisa mengubah sikap negatif menjadi positip, loyo menjadi semangat, pasif menjadi aktif, pesimis menjadi optimis, miskin menjadi kaya, gagal menjadi sukses.

kalau sudah menyadari besarnya kekuatan keberanian, berarti kita harus memanfaatkannya semaksimal mungkin dengan :
berani bercita-cita tinggi...
berani bangkit dari kegagalan...
berani belajar dari kelemahan dan kesalahan...
berani membayar harga keberhasilan..

menutup postingan ini saya ingin menambahkan :
berani untuk membuat resolusi dan mewujudkannya...

selamat menyambut tahun baru 2012...

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.