December 30, 2011

facebook vs blog

kali ini membahas masalah facebook....salah satu social media yang menjadi favoritnya orang indonesia. karena konon kata-nya orang indonesia termasuk dalam pengguna facebook terbesar di dunia... he...he... hebat juga ya...

tapi dalam postingan ini, saya tidak hendak membahas tentang banyaknya orang indonesia yang suka menggunakan facebook sebagai media social-nya... tapi saya ingin mengajukan pertanyaan berikut :

berapa banyak akun facebook anda ? ada satu ? ada dua ? tiga atau lebih kah ?

kalau saya sampai saat ini....punya lima akun facebook... he...he... dari pertama kali bikin di awal tahun 2009 hingga kini akhir dua ribu sebelas...hanya dua akun yang kadang-kadang saya buka... yang tiga-nya saya biarkan mati dengan sendirinya...

sebagai pengguna facebook... saya pernah “siang malam” tidak bisa lepas dari facebook... anywhere, anytime is facebook.... selalu dan setiap saat up date status... sampai dengan hal-hal yang tidak penting sekalipun bagi orang lain saya posting di status... juga paling rajin kasih jempol ke status orang lain... entah itu suka atau tidak...yang penting sebagai “jempolers sejati” kasih “like” dulu status teman... dan hal-hal “konyol” lainnya...

sampai di suatu ketika... hidup saya sedikit bermasalah dan saya harus “mengurangi” aktivitas saya di dunia per-facebook-an... saya tidak boleh “kecanduan” facebook, karena sebagian alokasi waktu saya harus saya gunakan untuk hidup di dunia nyata... untuk hal-hal yang lebih berguna.... ufts... bukannya facebook tidak berguna... kalau tahu “rumus dan jalan-nya” facebook luar bisa lo manfaatnya... hanya saja saya terlalu “bodoh” sebagai pengguna facebook... he...he...

awalnya berat juga untuk lepas dari facebook... adanya saja dorongan untuk kembali ke facebook.... dan salah satu ketakutan saya ketika harus “melepas” facebook adalah takut kehilangan teman... setelah kemudian saya perlahan bisa exit dari facebook... semua hal tentang facebook seperti menjadi masa lalu... facebook tidak lagi menjadi hal terpenting yang harus dalam hidup... tiga akun sudah tidak saya pakai lagi... untuk dua akun memang masih saya gunakan...itu pun hanya kadang-kadang saja... sesekali saja saya up date status. ada yang sampai dua bulan baru posting status...

baru kemudian ketika saya membaca sebuah buku dan mendapat pelajaran berharga tentang bagaimana memanfaatkan social media sebagai sarana bisnis... saya jadi tertarik untuk “comeback” ke facebook... “memfaatkannya” untuk kepentingan bisnis yang saya miliki... dan satu pelajaran penting yang saya dapatkan dari buku yang saya baca adalah :
pertama, pentingnya sinergi antara facebook dengan aktivitas blogging yang saya lakukan.
kedua, facebook bisa saya gunakan agar bisa terhubung dengan komunitas blogger, belajar dari para “mastah” blogger yang gabung di komunitas blogger.
ketiga, teman di facebook adalah potensi pasar yang luar biasa.
keempat, aktivitas saya di facebook bisa saling bersinergi dengan aktivitas nge-blog saya, bisa untuk saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing. bukan yang selama ini yang ada dalam pikiran saya : facebook vs blog...

1 comments:

  1. blog dan facebook saling berkaitan. facebook bisa dijadikan sebagai media promosi blog kita, sedangkan blog bisa dijadikan sebagai sumber informasi untuk dishare dalam akun facebook milik kita.

    ReplyDelete

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.