November 21, 2011

baca buku, nge-blog dan beberapa pelajaran

menikmati akhir pekan di rumah, tidak ada aktivitas yang paling mengasyikkan selain membaca buku dan nge-blog. dengan membaca, bisa mendapatkan pelajaran baru, inspirasi baru, meski buku yang di baca, sudah beberapa kali. selalu ada hal yang menarik dan baru yang bisa menambah pengetahuan... sedangkan dengan nge-blog, adalah aktivitas belajar menulis, sarana berbagi ilmu... senang rasa-nya, setiap tulisan yang di posting---terlepas tulisannya itu jelek atau cuma tulis ulang dari apa yang sebelumnya di baca---di baca oleh banyak orang.

akhir pekan ini, saya banyak membaca buku dan tentunya banyak juga dapat ilmu, dapat pelajaran baru, inspirasi dan pencerahan. “hasil” dari membaca tersebut, saya tulis ulang dan saya posting di blog ini.

pelajaran pertama dari buku pertama : tentang perjalanan hidup kerang

dinukil dari buku the balance way, ditulis oelh m.k. sutrisna suryadilaga. 2007.

berikut kisah perjalanan hidup kerang yang saya dapatkan dari buku the balance way ini, sangat inspiratif :

pada suatu hari, sebutir pasir yang tajam memasuk tubuh anak kerang yang merah dan lembek. anak kerang yang berada di dasar laut itu pun mengadu. “anakku,” kata sang ibu sambil bercucuran air mata, “tuhan tidak memberikan bangsa kerang sebuah tangan pun, sehingga ibu tidak bisa menolongmu. sakit sekali, aku tahu anakku. tetapi terima lah itu sebagai takdir. kuatkan hatimu,” tutur ibu dari anak kerang itu.

“kerahkan semangatmu melawan rasa ngilu yang menggigit. balutlah pasir itu dengan getah perutmu. hanya itu yang bisa kau perbuat,” lanjutnya dengan sendu dan lembut.

anak kerang melakukan nasehat bundanya. ada hasilnya tetapi rasa sakit bukan alang kepalang. kadang ditengah kesakitannya, ia meragukan nasehat ibunya. dengan air mata ia bertahan, bertahun-tahun lamanya. tetapi, tanpa disadarinya, sebutir mutiara mulai terbentuk dalam dagingnya. makin lama makin halus.

rasa sakit pun makin berkurang. dan semakin lama mutiaranya semakin besar. rasa sakit menjadi terasa lebih wajar. akhirnya sudah sekian tahun, sebutir mutiara pub terbentuk dengan sempurna. penderitaannya berubah jadi bahagia. hasil deritanya selama bertahun-tahun membuatnya lebih berharga dari pada sejuta kerang yang lain yang cuma disantap orang sebagai kerang rebus di pinggir jalan.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.