November 5, 2011

baca buku : agar hidup selalu berkah

akhir pekan, satu hari lagi hari raya idul adha, hari raya haji atau hari raya idul qur’ban...
menghabiskan akhir pekan dirumah saja. selain untuk persiapan berhari raya. juga untuk rehat dari kesibukan kerja juga bisa mengisi waktu untuk membaca buku...

dari sore jum’at...sambil disela beberapa aktivitas lain, saya membaca buku : agar hidup selalu berkah yang ditulis oleh habin syarief muhammad alaydrus.

dengan membaca buku tersebut, bukan saja menambah pengetahuan agama, tapi juga menjadi “vitamin” agar tetap semangat menjalani hidup, juga menjadi sebuah bahan perenungan agar hidup ini menjadi lebih baik lagi.

berikut, salah satu resume saya dari isi buku tersebut, yang sangat menarik untuk direnungkan sambil “menikmati” akhir pekan dan persiapan berhari raya idul adha :

disiplin terhadap waktu

disiplin waktu adalah anugerah menuju hidup berkah, mudah meraih kemajuan, jeli menghadapi tipuan nafsu dan kelengahan diri. jika seseorang terampil mengelola waktu-waktu-nya, terutama digunakan untuk sesuatu yang berguna, insyaAllah dia akan berbahagia dan beruntung.

tidak ada individu yang sukses tanpa disiplin. manusia harus mengembangkan tiga disiplin, yaitu :

pertama, pikiran yang didisiplinkan
manusia perlu menggunakan akal pikirannya agar bisa survive dalam kehidupannya. tidak genius dalam pemikiran bukanlah soal, tapi yang dibutuhkan adalah bagaimana mempergunakan akal pikiran tersebut sebagai anugerah Allah.

kedua, perasaan yang didisiplinkan
perlu diingat bahwa penghalang kemajuan ialah adanya prasangka yang tidak beralasan menguatkan perasaan. penguasaan diri dan emosi tdak langsung dapat diperoleh tanpa dilakukan latihan-latihan sebagai wahana kedisiplinan perasaan yang membandel. terimalah tantangan untuk menguatkan pikiran dan tekad

ketiga, tindakan yang didisiplinkan
menajamkan pikiran dan perasaan adalah penting. manun, yang paling penting ialah tindakan cepat yang akan membedakan pemenang dari pecundang. disiplin adalah melakukan tindakan yang tepat pada saat yang tepat.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.