January 28, 2012

begadang dan manajemen waktu

hal tersulit buat saya ketika harus “begadang” adalah menjaga kondisi mata agar tetap melek. namun, apa daya serangan dari virus kantuk membuat kemampuan berpikir dan konsentrasi berkurang... dalam kondisi “setengah normal” dengan sekuat tenaga saya melawan virus kantuk dan terus menulis.... tapi akhirnya saya kalah juga... virus kantuk lebih kuat. tepat jam setengah tiga saya tidur... dan jam enam subuh ini saya baru terbangun lagi.

sedikit menyesal saya begadang. selain saya menyiakan banyak waktu, sementara target yang saya buat tak kesampaian. selain itu, begadang membuat kesehatan tubuh saya terganggu, rasa letih, capek dan ngantuk bercampur aduk. ini berbeda dengan “tidur cepat, bangun cepat” yang selama ini saya biasakan. badan tetap fit, tidak ngantuk, pikiran tetap dalam kondisi yang sehat.


ketiga bangun subuh ini... setelah shalat subuh. saya tidak akan mengulangi begadang lagi. tetap melakukan rutinitas seperti biasa saja “tidur cepat, bangun cepat” dan menggunakan secara optimal waktu dinihari untuk menulis postingan...

***
beberapa hal tentang manajemen waktu, yang saya dapatkan dari membaca buku ; agar hidup selalu berkah. habib syarief muhammad alyidrus. mizania. 2010... subuh ini :

1#
waktu yang dikelola secara tepat dapat menuai berkah bagi kehidupan kita.

2#
“sesungguhnya pada pergantian siang dan malam, dan pada apa yang allah ciptakan dilangit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran-nya) bagi orang-orang yang bertakwa” (qs yunus 10:6)

3#
jika ingin mengatur kehidupan dan membuatnya menyenangkan, sebagai permulaan yang kita butuhkan adalah mengatur waktu. pengaturan waktu tak jauh beda dengan manajemen diri. sebab pada kenyataannya, kita tak dapat mengatur waktu, tetapi kita dapat mengatur diri sendir dan apa yang kita lakukan dalam setiap kesempatan.

4#
sukes merupakan hasil dari kebiasaan. membiasakan mengatur diri dan waktu adalah kunci utama untuk sukses. dengan konsisten menampilkan seluruh tugas penting yang belum sempurna, sejalan dengan waktu aktivitas ini akan berubah menjadi pencapaian besar.

5#
beberapa aturan sederhana yang dapat diikuti untuk melakukan pengaturan waktu yang lebih baik :
- jangan menagguhkan
- lacak dan rekam aktivitas kita
- berkonsentrasi pada hasil
- gunakan waktu perjalanan dengan bijaksana
- buat target yang harus dicapai
- lebih cepat, lebih baik
- bersikap tegas
- atur kapan waktu bekerja secara serius dan kapan waktu bersantai

6#
aktivitas kehidupan yang diridhai allah tentu menuai keberkahan. agar keberkahan menempati aspek kehidupan manusia, aktivitas yang dikerjakan haruslah mengacu kepada upaya pemeliharaan waktu-waktu shalat yang disukai allah, secara terprogram tanpa membiarkan waktu-waktu utama itu berlalu.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.