September 25, 2011

reading magazine : 10 pelajaran dari majalah fourfourtwo

menyempatkan diri membaca majalah fourfourtwo edisi oktober 2011---diantara kesibukan yang cukup melelahkan---tidak hanya membawa efek mengusir deraan stress tapi juga memunculkan inspirasi-inspirasi yang tak terduga. membaca majalah ini, menjadikan sepakbola “bukan sekedar berita skor pertandingan”... banyak kisah tentang banyak hal yang terjadi diluar lapangan bola, sebelum dan seusai pertandingan yang menarik, unik “diberitakan”...

setelah habis melahap semua halaman majalah fourfourtwo... seperti biasa saya membuat catatan-catatan kecil atau resume mengenai hal-hal yang menurut saya menarik dan inspiratif... 10 hal yang saya pelajari dari majalah fourfourtwo bulan ini :

pertama, di jagat sepak bola ada kisah leonardo, eks pelatih milan dan inter yang kini berlabuh di paris saint-germain yang bertutur tentang ambisi besar klubnya...

kedua, kisah perjuangan timnas indonesia di asian games 1986 yang mampu menembus semifinal...

ketiga, tentang “nasin” pelatih sekolah sepakbola...beratnya biaya untuk mendapatkan lisensi kepelatihan, rendahnya upah yang diterima hingga tidak adanya pedoman dari pss dalam hal pembinaan usia dini. padahal, hal yang terpenting agar sepak bola maju...bermula dari pembinaan usia dini... mustahil bermimpi juara di asia dan masuk piala dunia... bila untuk urusan pembinaan usia dini saja masih “amburadul”...

keempat, ini tentang kisah perbandingan antara pemain timnas indonesia sekarang dengan pemain timnas indonesia masa lalu. tiga kalimat berikut bisa memberikan gambaran kenapa prestasi timnas sekarang tidak sebagus prestasi timnas di masa lalu.

“selama saya jadi pelatih, saya tidak pernah melihat pemain dari tim saya yang meluangkan waktunya pada sebelum dan sesudah sesi latihan bersama tim untuk mengasah kemampuan individu”

“saya selalu mengatakan kepada anak-anak untuk tidak puas dengan apa yang kita miliki saat ini. mereka harus terus meningkatkan kemampuan mereka. semua orang tahu pemain seperti leonil messi, cristiano ronaldo, atau david beckham bisa hebat karena sering secara khusus mengasah kemampuan mereka. namun, tidak ada satupun pemain saya yang melakukan kegiatan yang dulu sering kami lakukan”

“para pemain di masa lalu memiliki paha yang besar karena sering menambah porsi latihan. pemain sekarang yang besar adalah kepalanya. pemain sekarang besar kepala”

kelima, kisah diseputar aturan fifa yang melarang kiper menangkap bola yang secara sengaja dioper memakai kaki oleh pemain satu timnya, dengan segala kisah kontroversinya dan revolusi yang terjadi di lapangan sepak bola...dan peraturan ini dikisahkan sebagai cara fifa merubah penjaga gawang menjadi pemain sepak bola...

keenam, tentang profil javier hernandez, pemain manchester united asal mexico. satu kalimat menarik yang cukup memberikan gambaran “kehebatan” pencapaian seorang yang dipanggil dengan julukan chicarito ini, yang tiga tahun sebelum muncul di final liga champion di wembley bermain untuk tim ‘b’ chivas di devisi dua meksiko :

“chicharito berlatih aspek-aspek yang banyak anak kecil tak pelajari. dia punya disiplin, dia meminta tetap berlatih saat sesi latihan sudah berakhir. dia suka menendang dengan dua kakinya, dari bergai posisi. sepertinya jauh di dalam dirinya tahu, dari darah sepak bola yang mengalir di nadinya, dia akan menjadi pesepakbola profesional dan bahwa dia tak boleh membuang-buang waktu”

ketujuh, tentang klub sepak bola jerman, borussia dortmund yang menjuarai bundesliga dengan rataan umur termuda sepanjang sejarah. tentang kisah dibalik kesuksesan pencapaian dortmun menjuarai bundesliga yang bermula dari kesuksesan pembinaan pemain usia muda-nya yang di dorong oleh program besar federasi sepak bola jerman dalam pengmebangan promosi pemain muda...

kedelapan, kisah david gea---penjaga gawang manchester united---yang “tidak pernah grogi” dan “sangat percaya diri”. satu kalimat pendek yang menarik tentang david de gea adalah tidah hanya berprofil sebagai penjaga gawang yang memilki “kepercayaan diri yang hening” juga seorang yang “selalu bekerja keras”...

kesembilan, tentang pendapat yang dikemukan pelatih, pemain, dan komentator sepak bola mengenai cara-cara agar bisa mengalahkan barcelona. saya tertarik dengan pendapat yang dikemukan oleh pelatih hebat, yang kini melatih real madrid, yup...jose mourinho...berikut pendapat dari mou :

“di barcelona, kami tidak memarkir bus di depan gawang. kami memarkir airbus dan taktik itu berhasil” (ketika melatih inter milan saat menghadapi barcelona di semifnal liga champion 2010).

“ketika saatnya anda mesti habis-habisan mengerahkan segala kemampuan di lapangan, anda tidak mengerahkan skill, tapi smeangat juang”.

kesepuluh, ini bukan tentang leonil messi sebagai model pakaian merek dolce & gabbana. tapi tentang “pelajaran” dari messi sebagai sosok yang kalem dan tenang dengan filosofi kerja kerasnya. kata messi dalam wawancaranya dengan majalah four-fourtwo :

“motivasi kami adalah membuat barca terus mengukir sejarah. jika kami terus bekerja keras tiap hari dengan gairah dan kebersamaan yang sama, serta masalah cedera dan keberuntungan berpihak kepada kami, saya kira segalanya jadi mungkin”

-----------------------------------------------------------------
Bisnis Untuk Anak Muda
Dapatkan uang saku jutaan / bln
Jadilah Anak Muda yang Kaya
Gabung Sekarang di www.dbc-network.com
-----------------------------------------------------------------

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.