October 17, 2012

setelah browsing...

bingung dengan pekerjaan kantor, ditambah serangan kantuk yang amat frontal--imbas nonton bola dinihari tadi--he...he... membuat saya agak kehilangan semangat juga nafsu untuk melakukan apapun, sekedar memencet tomblo keyboard malas, apalagi kalau harus berpikir serius untuk membuat tulisan, sangat malas...he...he...

untungnya di kantor saya sekarang ada fasilitas wifi--asyik bisa fulltime browsing, sedih produktifitas kerja jadi turun--bisa menghibur diri yang lagi malas, bisa berjelajah kemana saja, bertamasya kemana saja, bahkan bisa ber-game ria sepanjang waktu...

namun, setelah berjam-jam browsing, menelusuri banyak laman, bercengkrama tiada henti di facebook, sampai letih jari ini bermain game, tidak ada "sesuatu" pun yang bisa sy dapatkan, kecuali waktu yang terbuang percuma dan kantuk yg menghilang... selebihnya perih dimata dan rasa jemu yang menumpuk.

tidak hendak terus menerus terjebak oleh situasi dan kondisi yang tak enak ini, muncul pikiran untuk tidak membuang waktu dengan begitu saja, harus ada sesuatu, harus ada makna, harus ada "upah" harus ada "imbalan" yang cukup berarti meski hanya secuil yang masuk dipikiran.. juga tuntutan agar hari ini, paling tidak ada sedikit kalimat, sedikit baris tulisan yang digoreskan di blog...

jadilah saya dengan lumayan susah payah, memaksa otak utk menulis... karena tadi sudah browsing kemana-mana, saya "mendapatkan" satu tulisan--lagi--yang sangat inspiratif di sebuah web. nah, dalam tulisan ini, muncul ide untuk "mencopas" sebagian isi dari tulisan tersebut, tentu bukan untuk tujuan komersial, bukan pula bermaksud untuk membajak mentah-mentah... satu saja : tulisan tersebut sangat inspiratif, dgn "mencopas" ditulisan ini, saya berharap sy bisa mendapatkan efek positip, setiap saat, setiap waktu...

sumber tulisan : http://www.pembelajar.com/category/kolomnis/andrew-ho (pesan untuk anak-anakku)... berikut pesan tersebut  :


Pertama, kehidupan ini sangat singkat, jadi jangan pernah membuang waktu sia-sia, misalnya untuk berbuat sesuatu yang tidak berkaitan dengan tujuan hidup dan tidak bermanfaat bagi kehidupanmu. Jangan menunda sesuatu yang masih dapat engkau lakukan hari ini, karena engkau tak akan pernah mengerti apa yang akan terjadi esok hari. Hargailah waktu dan gunakan sebaik-baiknya, karena waktu adalah nyawamu.

Kedua, pilihlah sesuatu yang paling engkau cintai dan lakukan dengan sepunuh hati. Jadilah diri sendiri, tidak perlu meniru orang lain. Pahamilah bahwa engkau dilahirkan sebagai Sang Juara dan mempunyai keistimewan serta kekuatan tersendiri untuk menciptakan kehidupan yang engkau inginkan. Tetapkan visi dan misimu sendiri, lalu jalankan tanggungjawab sebaik mungkin.

 Ketiga, tanamkan dalam hatimu hanya ada satu hukum kesuksesan, yaitu memberi terlebih dahulu sebelum menerima. Tidak ada sarapan gratis di muka bumi ini, dan engkau harus membayar sebuah harga untuk sesuatu yang berkualitas dan engkau inginkan. No pain, no gain.

Kesuksesan bagaikan menanam sebatang pohon, membutuhkan waktu dan proses yang panjang sebelum ia tumbuh besar dan rindang. Tidak ada kesuksesan yang dapat dicapai dengan cepat. Kalaupun ada mungkin diperoleh dengan cara negatif dan tidak akan bertahan lama. Oleh sebab itu, berusahalah dengan kesungguhan dan berikan yang terbaik saja, nanti pasti engkau menerima hasil yang terbaik pula.

Keempat, luangkan waktu untuk bertemu anggota keluarga, teman maupun saudara lainnya. Hargailah setiap kesempatan berjumpa dengan mereka, karena kita tidak akan pernah mengetahui berapa lama lagi masih dapat bersama dalam kehidupan ini. Jangan mengorbankan kebersamaan bersama keluarga demi sebuah kesuksesan.

Kelima, tidak ada satupun yang kekal di dunia ini, karenanya terimalah dengan hati lapang setiap pertemuan, perpisahan, kesuksesan, kegagalan, maupun kehilangan. Segala sesuatu pasti tergantikan, tidak akan bertahan selama-lamanya. Jangan terlalu bersedih atas sebuah perpisahan, kehilangan atau kegagalan, melainkan mensyukuri keberhasilan dan apapun yang masih engkau miliki. Tetaplah optimis, berani, bersyukur dan bersabar dalam menjalani kehidupan ini.

Keenam, ingatlah tidak satupun di dunia ini yang sempurna. Jangan terlalu menuntut kesempurnaan. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang sempurna, dan tidak ada satupun di dunia ini yang terbaik termasuk cinta. Anda harus siap menerima kehidupan ini apa adanya.

Jangan terlalu bersedih hati, seandainya seseorang yang engkau kasihi pergi darimu. Hidup harus tetap berjalan, dan waktu akan menghapus luka serta kesedihanmu. Pandanglah ke depan dengan penuh percaya diri, dan pastikan tidak akan ada yang dapat menghancurkan harapanmu. Selagi ada napas, di situlah ada kesempatan.

Ketujuh, camkan dalam hati dan pikiranmu bahwa ada 3 hal yang tidak boleh didekati apalagi bersentuhan dengannya, yaitu berjudi, menggunakan narkoba, berteman dengan teman negatif atau terlibat dalam komunitas negatif. Apabila engkau selalu menjauh dari 3 hal itu, maka engkau akan selamat dari jurang kegagalan.

Kedelapan, kuatkan imanmu dengan beribadah dan mengingat Tuhan YME setiap saat dalam suka maupun duka. Kekuatan spiritual akan menjadikanmu kuat menghadapi segala bentuk ujian hidup, bijaksana memandang setiap kejadian, serta pandai mensyukuri setiap hasil perjuangan. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidupmu pasti ada hikmahnya, dan kekuatan spiritual akan membantumu menyikapi segala sesuatu dengan lebih positif dan bijaksana.

Kesembilan, selalu belajar dan meningkatkan kualitas dirimu, terlebih lagi di era globalisasi dimana segala sesuatu dapat terjadi sangat cepat. Ketekunanmu belajar akan sangat bermanfaat untuk beradaptasi, agar dapat menjadi pemenang di dalam segala situasi. Menulis catatan harian adalah kebiasaan yang dapat engkau kembangkan, karena membuatmu terbiasa mencatat pengalaman penting dalam hidupmu untuk dijadikan pegangan di kemudian hari.

Kesepuluh adalah selalu berusaha melakukan amal kebaikan dimanapun dan kapanpun, entah dalam bentuk uang, tenaga, nasehat positif ataupun motivasi. Setiap kebaikan yang engkau berikan pasti mendatangkan rasa tentram dan bahagia di dalam hatimu dari arah yang tidak pernah engkau duga. Mungkin dengan mencontoh ayahmu ini menciptakan sebuah program ‘dompet peduli’ engkau akan semakin terbiasa memberi bantuan dengan lebih tersistim dengan baik. Selain itu, jangan pernah melupakan kebaikan yang pernah dilakukan orang lain

Kesebelas, hiasilah tutur kata dan sikapmu dengan kejujuran dan keikhlasan. Mungkin engkau tertipu karena jujur atau kehilangan kesempatan karena ikhlas, tetapi harus kau ingat bahwa pemenang sejati adalah mereka yang selalu jujur dan berintegritas. Ciptakan catatan positif tentangmu. Perjalanan hidupmu masih jauh, jangan pernah kau nodai dengan langkah-langkah negatif untuk kepentingan jangka pendek yang dapat menghancurkan masa depanmu,

Keduabelas, jalani hidup ini secara bersahaja. Tidak ada yang salah memiliki rumah mewah, mobil indah, atau memiliki barang-barang mewah, tetapi jangan pernah hidup boros dan berhutang untuk semua itu. Hiduplah apa adanya dan menikmati segala yang Anda perjuangkan dengan sewajarnya. Jika memang ada kelebihan harta, jangan pernah tinggi hati. Jika engkau belajar hidup sederhana itu akan menjadikan hidupmu lebih sederhana dan menyenangkan.

Ketigabelas, jagalah kesehatan jasmani dan rohani. Poin ini ayah sampaikan terakhir, bukan berarti kurang penting. Menjaga kesehatan adalah poin terpenting dari semua yang sudah ayah sampaikan. Tanpa kesehatan, engkau tidak akan mampu berjuang keras atau menikmati saat-saat penting dalam hidupmu. Jaga kesehatan dengan menjaga pola makan, beroleh raga dan rekreasi.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.