February 17, 2011

tentang kliping : inspirasi dari artikel kyoiku mama

sambil menyaksikan siaran pertandingan babak 16 besar liga champions antara arsenal versus barcelona di layar tv, yang hasil akhirnya kemudian dimenangkan arsenal 2 – 1. (17/02/2011) saya membaca beberapa kumpulan kliping dan saya membuat ringkasannya untuk bahan postingan diblog. http://sharekliping.blogspot.com/2011/02/kliping-sosial-budaya.html

ada satu artikel yang ditulis oleh daoed yoesoef, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan berjudul kyoiku mama di koran kompas (7/7/2007) menarik dan menurut saya menarik dan sangat inspiratif.

ternyata, setelah saya baca artikel tersebut dan saya buat ringkasannya, dibalik kemajuan ekonomi negara jepang, tidak terlepas dari peran seorang ibu atau kyoiku mama dalam mendidik anak.

seperti yang dipaparkan oleh daoed yoesoef, peran kyoiku mama ini terlihat dari ketika para suami bekerja, para istri bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak. lebih jauh pengaruh peran kyoiku mama ini dapat dilihat pada jalannya pendidikan nasional dan stabilitas sosial, dua hal yang penting bagi keberhasilan ekonomi suatu bangsa.

daoed yoesoef juga menuturkan pengalaman ketika diundang datang ke jepang melihat berbagai lembaga pendidikan dasar, menengah, dan tinggi jepang. daoed yoesoef menyatakan kagum melihat kebersihan ruang laboratarium di sekolah umum dan bengkel praktek di sekolah kejuruan teknik. semua murid membuka sepatu sebelum memasuki ruangan dan menggantinya dengan sandal jepit yang sudah tersedia di rak dekat pintu. kedisiplinan murid itu ternyata seperti yang ditanyakan oleh daoed yoesoef kepada guru yang mengajar disekolah tersebut ternyata bukan karena peran guru tapi peran kyoiku mama yang mengajar anak-anak untuk disiplin.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.