August 1, 2011

Reading Newspaper : Dinihari Pertama di Bulan Ramadhan

dini hari pertama di bulan ramadhan atau 1 agustus 2011 dan saya baru saja bersahur yang pertama untuk puasa di hari pertama. setelah makan sahur saya baca ulang lagi surat kabar hari ini (31/07/11).

dihalaman pertama di surat kabar yang saya baca ada tulisan yang sangat inspiratif tentang renungan puasa yang di tulis oleh kiai said aqil siroj, ketua umum pbnu. berikut saya tuliskan ulang sebagian dari isi tulisan renungan puasa tersebut ;
puasa bisa menjadi “lumbung” aktualisasi diri, pembentukan karakter, kepribadian yang sabar, tahan uji, dan jujur. nabi muhammad saw mengajarkan kepada kaum muslimin yang berpuasa untuk tidak mudah terpancing dengan provokasi dan cukup dengan ucapan “inni shaim” (saya sedang berpuasa). pernyataan ini merupakan proses kesadaran diri, kemampuan menahan diri dan mengendalikan hawa nafsu yang merupakan modal besar dalam kehidupan.

mantap bukan kalimat di atas tersebut untuk jadi bahan renungan dan motivasi dihari pertama puasa di bulan ramadhan ini ? nah, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menunaikannya...saya mau lanjut ke hal lain lagi...di antara banyak berita yang dimuat di surat kabar kompas hari minggu ini ; dari politik hingga tinju dari ekonomi sampai tentang seni budaya, dari cerpen hingga ulasan film harry potter... saya justru tertarik dengan tebaran iklan di surat kabar ini yang sebagian banyak bernuansa bulan ramadhan.... saya pikir dan memunculkan banyak pertanyaan seputar iklan dan hubungannya dengan bulan ramadhan : apakah ini hanya sebuah “penyesuaian” saja atau tidak lebih dari trik marketing semata ? atau iklan ini menjadi semacam “setan” penggoda orang berpuasa untuk lebih konsumtif..he...he...? atau orang berpuasa lebih rentan “dirayu” iklan untuk lebih konsumtif karena perut laparnya setelah berpuasa seharian ?

saya sulit menerka dan menguraikan jawabannya, seperti tahun-tahun sebelumnya...ramadhan, selalu dimanfaatkan oleh sebagian banyak pengiklan sebagai momentum dan sasaran untuk beriklan karena di bulan ini tingkat konsumtif sebagian masyarakat meningkat... dibanding bulan-bulan diluar ramadhan...

ketika tujuan dari berpuasa di bulan ramadhan adalah menahan hawa nafsu dan godaan konsumtif lainnya dan oleh karenanya dikisahkan bahwa tuhan mengikat setan dan iblis agar manusia tidak digoda selama menjalankan amal ibadah di bulan puasa... sebaliknya, iklan-iklan kini bertebaran dimana-mana, tidak hanya di surat kabar...juga televisi dan jalanan... iklan tersebut dibuat sebagus mungkin, tampak saleh dan religius, yang tujuan dari iklan tersebut sebenarnya adalah menggoda, merayu, membujuk “umat manusia” yang sedang berpuasa agar lebih konsumtif, mau membeli produk yang di iklankan... sekarang, terserah kita mau tergoda atau tidak...melihat atau pun tergoda iklan tersebut memang tidak akan membatalkan puasa kita... hanya saja “level” konsumtif kita akan lebih tinggi...

nah kalau yang ini, dari pada kebanyakan “mencerca” iklan bisa membatalkan puasa...maka lebih baik liat dari sisi positipnya saja... memilih iklan “bernuasa ramadhan” yang paling kreatif dan keren... iklan yang dibuat tidak hanya untuk tujuan “mengoda” tapi juga memunculkan sisi-sisi kreativitas dan kecerdasan juga inspiratif... berikut iklan-iklan tersebut antara lain iklan pertamina dan iklan susu bear brand.

berhubung sirene tanda imsyak sudah berbunyi dan sebentar lagi masuk waktu shalat subuh tulisan ini saya sudahi dulu...selamat menunaikan ibadah puasa untuk hari pertama... seperti yang ditulis di iklannya pertamina ; keikhlasan ibadah menghantar ramadhan penuh berkah....

------------------------------------------------
Bisnis Online Murah & Mudah
Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network
Sangat cocok utk Semua Kalangan
www.dbc-network.com
------------------------------------------------

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.