January 26, 2011

Penerima Hadiah Nobel Ekonomi Tahun 2010.

Suntuk karena aliran listrik di kantor padam, mau mengerjakan apa-apa muncul rasa malas. Tapi dari pada bengong dan ber-kulir ria, lebih baik dibawa bersih-bersih ruangan dan merapikan berkas yang berserakan. Disaat merapikan berkas inilah, saya nemu tumpukan koran lawas dan ada beberapa informasi yang cukup menarik perhatian saya dan menurut saya bagus juga untuk di share diblog. Salah satunya adalah tentang informasi penerima hadiah nobel bidang ekonomi tahun 2010 yang dimuat dalam surat kabar Kompas tanggal 13 Oktober 2010 hal 16.
Berikut saya ringkaskan informasinya :

Untuk tahun 2010, The Royal Swedish Academy of Sciences memberikan hadiah Nobel bidang ekonomi kepada trio ekonom yang ahli ketenagakerjaan. Mereka adalah :

1. Peter A Diamond
2. Dale T Mortensen
3. Christopher A Pissarides

Diamond dan Mortensen adalah dua ekonom asal AS. Pissarides adalah warga Siprus kelahiran Nikosia berkewarganegaraan Inggris. Komite Nobel menganugerahi mereka hadiah nobel adalah karena hasil riset-riset mereka pada dekade tahun 1970-an. Hasil riset mereka menjelaskan mengapa tetap ada pengangguran tinggi, padahal kesempatan kerja tersedia.

Diamond adalah seorang pintar matematika dan kimia dan menemukan teori friksi, yaitu keadaan dimana para pencari kerja tak puas dengan pekerjaan yang ada dan perusahaan tak bisa merekrut karyawan terbaik. Friksi ini mencakup soal ketidakpuasan individu akan pekerjaan, juga waktu memang diperlukan bagi pencari kerja hingga menemukan lapangan kerja yang pas.

Teori ini kemudian didalami lagi oleh Mortensen bersama istrinya, Beverly Mortensen yang sama-sama mengajar di Northwestern University, Evanston, Illinois, AS. Lalu di London School of Econimics (LSE) juga ada seorang yang gelisah dan ingin menemukan teori yang bisa diterapkan, yakni Pissarides. Ketiganya melahirkan model bernama Diamond-Mortensen-Pissarides (DMP). Model ini menjelaskan bahwa santunan kepada pengganggur turut membuat pencari kerja enggan bekerja.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.