July 29, 2011

Reading Magazine & Iklan Di Tv

Bisnis Online Murah & Mudah
Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network
Sangat cocok utk Semua Kalangan
www.dbc-network.com
-----------------------------------------------------------------


sambil nonton tayangan animasi “shaun the sheep” di salah satu saluran televisi swasta bersama istri dan anak, saya membaca ulang majalah mix edisi juli 2011 yang dalam “cover story-nya” memaparkan tentang agency of the year 2011 atau dalam pemahaman terbatas saya ; majalah mix edisi ini membahas tentang “isi perut” agensi periklanan terkini dan “line up” agensi periklanan terbaik tahun ini. hal lain, dengan membaca majalah mix edisi juli 2011 ini saya jadi tahu, agen-agen periklanan yang berada dibalik layar hadirnya iklan-iklan produk / brand ke hadapan kita ; baik di televisi, surat kabar, majalah, di pinggir jalan hingga di pasar atau di mall-mall...

dan saya jadi tahu, sebagian nama-nama agensi periklanan yang seperti saya tulis diatas yang berada dibalik layar itu ; misal seperti yang ditulis majalah mix ada ; dentsu, jwt, dwi sapta, lowe, saatchi & saachi, dll-nya... kemudian saya juga jadi tambah tahu kalau iklan sampo ini yang “bikin” dari agensi periklanan ini, iklan obat batuk itu dibuat oleh agensi itu, iklan susu formula balita yang keren itu ternyata buatan agensi itu......dan seterusnya...

saat jeda iklan tayangan animasi “shaun the sheep” istri saya nyeletuk begini ; “iklan-iklan-nya tidak ada yang bermutu” sambil menunjuk ke layar televisi. ada iklan tentang makanan ringan seperti wafer, coklat, kacang dan sejenisnya, ada iklan minuman ringan dalam kemasan cup... sampai dengan iklan sampo yang dibintangi oleh salah satu penyanyi wanita internasional asal indonesia...

mendengar celetukan istri saya tersebut saya menyahut sekenanya ; “iya, hampir semua iklannya tidak ada yang bermutu....terutama iklan-iklanya yang dari ............ food itu....ga mutu sama sekali, jelek dan nggak cerdas”. kemudian dikepala ini berkelebat tanya ; apakah iklan yang nggak mutu itu dibikin oleh salah satu agensi yang mendapatkan penghargaan agency of the year 2011 versi majalah mix yang saya baca ini ya ? saya malas jawabnya... saya malah jadi ingat dengan bukunya mas arief budiman, founder-nya petakumpet ; jualan ide segar.

dalam buku tersebut ada dipaparkan tentang definisi iklan yang cerdas. menurut mas arief, iklan cerdas adalah iklan yang kreatif, sekaligus menjual. kemudian kata mas arief lagi dengan ribuan jenis iklan yang mengepung target audiens setiap harinya, adanya keunikan, kesederhanaan dan pesan tunggal akan menjadi nilai plus sebuah iklan.

nah, iklan yang dibuat secara kreatif, unik dan sederhana itulah yang menurut saya bermutu atau cerdas. bukan sekedar iklan yang menyampaikan pesan sebuah produk meski mungkin tampak menjual dan bisa tertancap dibenak orang yang menyaksikan tayangan iklan tersebut. kembali ke majalah mix...he..he... saya jadi pengen menyebut salah satu iklan yang menurut saya bermutu dan cerdas karena dibuat sangat kreatif, unik tapi sederhana banget, kalaunya meminjam istilahnya majalah mix di halaman ad review baik konsep kreatif, komunikasi dan eksekusi-nya dapat pasti dapat bintang lima, yaitu iklan mie instan indomie yang lagi banyak tayang di televisi. mantap bukan ?

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.