membaca majalah swa edisi 21 /XXVII/3-12 Oktober 2011 dan “menikmati” sajian utama-nya... menarik, inspiratif dan informatif...
ada dua pelajaran yang dapat “saya lahap” dari “sajian utama” majalah swa kali ini :
pertama, ternyata sebagai konsumen, kata majalah swa saya, anda, kita semua adalah pelanggan yang perlu “dilayani” dengan pelayanan yang tidak biasa. kepuasan dan kesetiaan kita amat berharga bagi perusahaan, karena kita berpotensi pindah ke lain hati atau menjadi “teroris” yang menyebarkan word of mouth negatif kemana-mana.
kedua, dari hasil survey yang dilakukan majalah swa, saya jadi tahu kecenderungan preferensi atau pilihan terbanyak pelanggan terhadap merek yang memberikan pelayanan “terbaik”, besarnya “indeks” kepuasaan pelanggan terhadap merk dan bagaimana “langkah keras” perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
dari dua pelajaran tersebut, saya mengukur sendiri kepuasan dan kesetiaan saya terhadap merk-merk, untuk sekedar “menguji” kesamaan penilaian antara saya pelanggan hasil survey majalah swa. karena dalam beberapa alasan tertentu, saya agak sedikit meragukan “validitas” survey yang dilakukan majalah swa dalam mengukur indeks kepuasan pelanggan seluruh indonesia. seperti yang ditulis oleh majalah swa, proses survey dilaksanakan di enam kota besar di indonesia, menurut saya, dari pengetahuan saya tentang metodologi jajak pendapat, bila benar hanya melakukan survey di enam kota saja, ini masih belum sepenuhnya mewakili “suara” konsumen indonesia, karena konsumen yang tinggal di desa---dan ini adalah populasi terbesar---sepertinya tidak masuk dalam survey. hal ini bisa memunculkan bias dan derajat validitas survey.
berikut hasil survey terhadap diri saya sendiri berdasar persepsi saya dalam hal kualitas, nilai, harapan dan kepuasaan terhadap merek yang bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari saya yang tinggal di desa. saya menuliskan yang nomor satu saja :
kategori biskuit : trenz
kategori wafer : tango
kategori kacang bermerek non kulit : dua kelinci
kategori kacang bermerek kulit : dua kelinci
kategori mie instan – bag : indomie
kategori mie instan – cup : mie gelas
kategori kecap manis : cap bango
kategori tepung terigu : rose brand
kategori saus sambal : abc
kategori minyak goreng bermerek : kunci mas
kategori margarin : blue band
kategori teh celup : sariwangi
kategori teh dalam kemasan siap minum : teh botol sosro
kategori teh hijau kemasan siap minum – botol dan non botol : frestea green
kategori kopi bubuk instan – tanpa ampas : nescafe
kategori susu cair dalam kemasan siap minum : bear brand
kategori susu kental manis : cap enak
kategori susu bubuk dewasa berkalsium : entrasol
kategori minuman penambah tenaga cair : kratingdaeng
kategori minuman penambah tenaga serbuk : hemaviton jreng
kategori minuman sari buah serbu dalam kemasan sachet : nutrisari
kategori minuman isotonik siap minum : pocari sweat
kategori jelly drink : okky jelly drink
kategori minuman sari buah siap minum : minute maid puply orange
kategori obat flu : bodrex flu dan batuk
kategori obat batuk : komix
kategori obat sakit kepala : bodrex
kategori obat masuk angin : antangin
kategori balsem : cap lang
kategori obat maag : promag
kategori obat diare : neo entrostop
kategori minyak kayu putih : cap lang
kategori multivitamin : enervon c
kategori sabun mandi padat : north for men cleansing soap bar – oriflame
kategori sabun mandi cair : gatbsy
kategori sampo : sunsilk
kategori sikat gigi : oral-b
kategori pasta gigi : pepsodent
kategori sepatu olah raga : nike
kategori celana dalam pria : gt man
kategori sabun pencuci pakaian bubuk : rinso
kategori sabun pencuci krim : ekonomi
kategori sabun pencuci piring cair : sunlight
kategori pembersih lantai : vixal
kategori pelicin pakaian : molto
kategori pewangi dan pelembut pakaian : molto
kategori obat nyamuk bakar : baygon
kategori obat nyamuk cair : vape
kategori furniture knock down bermerek : olympic
kategori lemari es : sharp
kategori kompor gas portable : rinnai
kategori audio : polytron
kategori televesi tabung : sharp
kategori televisi lcd : panasonic
kategori mesin cuci : lg
kategori batu baterai zinc : abc
kategori batu baterai alkaline : abc alkaline
kategori sepeda motor bebek : honda
kategori sepeda motor matic : honda
kategori minyak pelumas motor : top 1
kategori mobil mpv : toyota avanza
kategori mobil suv : honda crv
kategori penerbangan : garuda indonesia
kategori handphone : nokia
kategori smartphone : nokia
kategori simcard prabayar selular : kartu as
kategori laptop : acer
kategori printer : canon
kategori internet service provider : speedy
kategori internet service provider – mobile : telkomsel flash
kategori tabungan syariah : muamalat
kategori tabungan : mandiri
kategori perusahaan leasing otomotif motor : adira finance
October 19, 2011
reading magazine : majalah swa dan hasil survey icsa
Labels:
kepuasan pelanggan,
majalah swa,
survey
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment
terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.