March 25, 2011

reading newspaper : sepak bola dan piala oscar

di akhir pekan, bagi saya yang masih elergi membaca berita politik, hukum dan kriminal yang ada di halaman-halaman surat kabar, membaca berita olah raga terutama tentang sepak bola dan informasi tentang sosial budaya, selalu jadi pilihan utama ketika membaca surat kabar.

dari pada saya harus muntah, membaca berita polah tingkah politikus. lebih baik baca berita tentang hasil –hasil pertandingan sepak bola di liga-liga besar eropa. tidak saja lebih mengasyikkan dan menyegarkan, tapi juga menginspirasi.

selain sepakbola, di ranah sosial budaya, berita yang paling menarik bagi saya adalah tentang penganugerahan piala oscar atau academy awards ke-83 yang digelar di kodak theatre, hollywood, amerika serikat. (kompas, 2/3/2011). hasil lengkap para pemenang oscar 2011 ini bisa dilihat di postingan saya : tentang film : piala oscar.

menyambung tulisan tersebut, di benak saya menyeruak banyak pertanyaan tentang seputar piala oscar dan latar di balik kemenangan mereka meraih piala oscar. setelah membaca surat kabar kompas,(halaman 16 rubrik sosok—1/03/2011), saya jadi tahu dan jadi memahami dan bahkan terinspirasi dari latar belakang dibalik, missal dalam tulisan ini adalah profil aktor dan aktris yang menjadi pemenang oscar 2011 untuk kategori aktor dan aktris terbaik.:

1# : colin firth : aktor terbaik

colin firth adalah salah satu pemain teater berbakat di inggris. kemampuan akting firth dalam memerankan Raja George VI yang frustasi akibat gagap di film the king’s speech adalah buah dari proses belajarnya di dunia teater. sejak umur 18 tahun, firth sudah menekuni dunia akting dengan gigih dan selama tiga tahun firth belajar acting enam hari seminggu di London Drama Center.

nama collin firth sebenarnya mulai terkenal dan popular di inggris ketika ia memerankan sosok Mr Darcy dalam miniseri televisi “pride and prejudice” (1995) yang ditayangkan BBC. talenta akting firth di akui dunia perfilman ketika ia memerankan seorang pria gay yang mengalami depresi berkepanjangan akibat kematian kekasihnya dalam film A Single Man (2009).

dari rekam jejak di dunia akting tersebut, untuk aktingnya yang ciamik dalam film the king’s speech kemenangan collin firth di ajang penganugerahan oscar 2011 bukan lagi suatu kejutan.

2# Natalie Portman : aktris terbaik
dalam film black swan, akting Natalie Portman sebagai penari balet yang terobsesi pada kesempurnaan. mengantarkan dirinya mendapatkan piala oscar 2011 untuk nomine aktris terbaik. seperti colin firth yang memenangkan piala oscar untuk actor terbaik, kemenangan Natalie Portman diajang piala oscar pun bukan suatu kejutan.

acting yang solid Natalie yang memerankan sosok balerina nina sayers bisa dilihat mulai dari persiapannya yang “begitu keras” untuk menyelami peran sebagai penari balet yang akan dia mainkan. selama setahun penuh, selama hampir 8 jam penuh Natalie berlatih balet dan juga melakukan diet khusus.

selain itu, bila kita mengikuti jejak karier Natalie di dunia film, kita akan sepakat untuk mengatakan bahwa ia merupakan aktris berbakat. di tahun 2007 natalie Portman sudah pernah masuk nominee oscar lewat film closer (2007) yang disutradarai Mike Nichols. ketika pada penghargaan oscar 2011 ia kemudian memenanginyanya adalah suatu kelayakan dan seharusnya.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.