March 24, 2011

Renungan : Memahami Makna Basmalah

(di nukil dari buku "Lentera hati" M. Quraish Shihab. Mizan.2007)


buku Lentera Hati : kisah dan hikmah kehidupan, yang ditulis oleh M. Quraish Shihab dan diterbitkan oleh Mizan tahun 2007 ini sebenarnya sudah satu tahun lebih saya beli dan baru malam ini (23/03/2011) saya buka bungkus plastiknya dan kemudian membacanya sampai tuntas....

sungguh, saya terpesona dengan isi buku tersebut. tidak saja karena buku itu ditulis dengan kalimat yang "renyah" dan mudah "dikunyah" tapi juga bergizi, lezat, sarat makna dan hikmah. pada akhirnya buku tersebut membuat saya termenung, merefleksi diri akan banyak hal dalam sisi kehidupan saya...

salah satu contoh permulaan yang membuat saya termenung dan merefleksi diri diri adalah pada bagian pertama buku ini : Memahami Petunjuk Agama. pada tulisan yang pertama : Mulailah Segala Aktivitas dengan Membaca Basmalah

jujur selama ini, apapun aktivitas / pekerjaan yang saya lakukan, pada saat akan memulainya hampir tidak pernah mengucapkan kata basmalah : bismillahirrahmanirrahim. seperti yang ditulis oleh M. Quraish Shihab dalam buku Lentera Hati ini. mengucapkan kata Basmalah dalam setiap hendak memulai aktivitas bukan sekedar mengharapkan "berkah" tapi juga menghayati maknanya sehingga dapat melahirkan sikap dan karya yang positip dan hasil yang sebaik-baiknya...

setelah ini saya bertekad, untuk memulai setiap pekerjaan, aktivitas untuk selalu mengucapkan kata basmalah...

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.