March 1, 2012

catatan dinihari : 1 maret 2012

sampai dinihari ini saya masih berkutat dengan pikiran bagaimana menyusun proposal tesis. saya harus membaca banyak literature, merakai kata-kalimat agar padu dan koheren sesuai dengan “masalah” yang ingin saya teliti… hari-hari saya berlalu dengan konsentrasi full ke penyusunan proposal tesis…. dan saya tidak ingin gagal (lagi)…

beberapa kelemahan yang paling mendasar yang cukup merisaukan hati saya saat ini adalah saya tidak bisa bekerja multitasking… saya tidak mampu membagi konsentrasi untuk memikirkan dua atau lebih pekerjaan. hal yang kedua, kelemahan yang amat serius adalah saya masih saja amburadul dalam me-manage waktu… banyak waktu yang terbuang percuma, tidak efektif dan efisien dalam menggunakan waktu. yang juga paling membuat hati risau dan sering berujung galau adalah mood… hidup saya sangat bergantung mood, kalau mood lagi kacau…alamat kacau semuanya dan sulit sekali untuk tetap berada dalam mood yang positip dan bersahabat.

karena tiga hal di atas lah kemudian saya dalam beberapa hari ini, “libur” menulis postingan. dan ketika dinihari ini melihat kalender, terkejut juga ternyata sudah masuk tanggal 1 maret… bulan pebruari harus saya tinggalkan dengan beberapa “catatan kemunduran”… sedih, muram ketika saya harus mengoreksi diri, dan mengevaluasi pencapaian selama bulan pebruari 2012 ini… apa yang salah ? apa yang kurang ? kenapa jadi begini ? dan bla…bla…bla…………… kacau dah hidup ini bila harus tetap berada dalam situasi seperti ini….

harusnya, menulis postingan tidak boleh kendur, menyusun proposal tesis juga tetap jalan secara maksimal, melakukan pekerjaan-pekerjaan lain juga tetap jalan…. itu harusnya… niat ada, tekad sudah kuat, motivasi, semangat cukup tinggi… untuk mengatasi banyak kelemahan, mau tidak mau saya harus menerapkan tiga kata ini : konsistensi, fokus dan kesungguhan… mudahan saja, mulai tanggal 1 maret ini saya bisa menerapkan tiga hal tersebut sebagai langkah perbaikan.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.