March 2, 2012

catatan dinihari, menulis itu sebenarnya mudah

mau nulis apa ? nah jadi bingung juga dinihari ini… pikiran yang lagi konsentrasi tingkat tinggi meramu bahan-bahan tulisan untuk penyusunan proposal tesis, tiba-tiba di alihkan untuk “memikirkan” untuk membuat postingan… akhirnya… muncullah pertanyaan : mau nulis apa ? ketika hendak menjawab, bingung mencari jawaban apa yang pas… di kepala sebenarnya banyak sekali ide yang dituangkan di layar monitor notebook… tapi antara ide yang ada di otak, jari-jari yang siap sedia di atas keypad nggak nyambung-nyambung. koneksinya bermasalah… he…he….

secara teori menulis itu sebenarnya mudah. tidak sulit kalau ada kemauan. namun, bagi saya yang tidak padai dan pintar dengan iq yang lumayan jongkok… menulis bukanlah hal yang mudah. saya sering terkagum—juga iri hati sangat—setiap kali membaca tulisan-tulisan orang yang “luar biasa” seperti misal yang selama ini saya kagumi plus “teladani” ada “catatan pinggir” yang setiap pekan di muat di majalah tempo… di tulis oleh gonawan mohamad… ada lagi tulisannya menteri bumn sekarang, dahlan iskan, yang rutin menghias surat kabar, dengan gaya bahasa dan rasa renyah tulisan yang khas… ada juga yang saya kagumi, nama-nama berikut : bre redana wartawan majalah kompas, emha ainun nadjib seorang budayawan dan penulis yang sangat produktif dengan gaya bahasa tulisan yang luar biasa unik, sindhunata seorang budayawan dengan tulisan filsafat bola-nya yang sangat ciamik…. ada juga wartawan yang sangat senior dan sekarang sudah almarhum ; rosihan anwar…

pengen sebenarnya bisa menulis seperti mereka, gaya tulisan yang khas dan unik plus produktif… mengkhayal…he…he… dari pada mengkhayal, saya search di om google beberapa foto mereka yang saya sebutkan di atas... sekedar untuk menghormati dan mengkagumi :


goenawan mohamad


dahlan iskan


bre redana


sindhunata


emha ainun nadjib

berhubung azan subuh dah berkumandang… saya mau sholat dulu, tulisan ini saya akhiri.. .tapi sebelum itu, sebagai penutup saya ingin mengulang sedikit tulisan saya yang kemarin, sekedar untuk afirmasi bagi saya bahwa postingan kemarin tidak sekedar untuk di tulis saja, dibaca kemudian dilupakan. tanggal 1 maret kemarin saya menulis postingan : catatan dinihari 1 maret 2012

harusnya, menulis postingan tidak boleh kendur, menyusun proposal tesis juga tetap jalan secara maksimal, melakukan pekerjaan-pekerjaan lain juga tetap jalan…. itu harusnya… niat ada, tekad sudah kuat, motivasi, semangat cukup tinggi… untuk mengatasi banyak kelemahan, mau tidak mau saya harus menerapkan tiga kata ini : konsistensi, fokus dan kesungguhan

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.