May 8, 2012

buku sebagai obat galau (2) : lima kiat praktis menghadapi persoalan hidup

dengan membaca buku, kita bisa mendapatkan banyak hal. salah satu yang bisa kita dapatkan dari membaca buku adalah sumber motivasi dan semangat. ketika dalam keadaan jenuh, bosan, lesu, dibawa membaca buku—khususnya buku how to / self help—saya seperti mendapatkan energy baru, dorongan motivasi dan semangat agar fight menjalani hidup.

secara rutin, setiap dinihari saya bawa baca buku—beberapa halaman saja, yang penting baca buku--saya charge pikiran dengan membaca buku agar bisa seger kembali setelah bangun dari tidur dan dari dinihari saya bisa punya semangat, gairah dan motivasi yang cukup dalam menjalani hidup untuk hari ini.

menyambung buku yang saya baca kemarin—seperti yang saya tulis dalam postingan :
buku sebagai obat galau  kiat praktis menjadi orang terpercaya

dinihari ini, menjelang azan subuh saya melanjutkan membaca buku tersebut, kali ini yang saya baca  halaman 188 yang memaparkan tentang lima kiat praktis menghadapi persoalan hidup.  setelah selesai membaca buku, agar tertanam kuat diingatan, saya tulis ulang. berikut lima kiat praktis menghadapi persoalan hidup tersebut :

seperti yang di tulis dalam buku aa gym dan fenomena daarut tauhid : memperbaiki diri lewat manajemen qalbu, dari halaman 188 s.d. 198 :

kiat pertama : siap
iya, kita harus siap menerima kenyataan hidup. apapun kenyataan tersebut. cocok ataupun tidak cocok dengan keinginan kita. kita punya rencana tapi allah yang menentukan. namun, siap disini bukan berarti kita pasrah dengan nasib, kita tetap dituntut untuk mempunyai tekad dan niat yang sempurna serta diiringi dengan ikhtiar yang juga sempurna hanya saja hati kita harus tetap kita sandarkan kepada allah swt. siapkan mental kita untuk menerima apapun yang terbaik menurut ilmu allah swt.

kiat kedua, ridha
setelah kita siap menghadapi apapun yang terjadi, kemudian yang kita lakukan adalah mengolah hati kita agar ridha / rela menerima kenyataan yang ada.

kiat ketiga, jangan mempersulit diri

apapun persoalan hidup yang kita hadapi, jangan sampai larut dalam pikiran yang salah. hadapi persoalan dengan tenang, kuasai diri, renungkan dengan bijak setiap persoalan hidup yang kita hadapi  dengan keyakinan adanya pertolongan allah swt.  sudah terlalu sering kita menghadapi persoalan hidup yang sulit, nyatanya kita mampu melewatinya dengan pertolongan dari allah swt ?

kiat keempat, evaluasi diri

setiap masalah, setiap persoalan hidup harus kita jadikan sebagai sarana untuk mengevaluasi diri dan memperbaiki diri karena dengan mengevaluasi dan memperbaiki diri itu akan menjadi keuntungan bagi diri kita. hal tersebut juga mengundang pertolongan allah swt.

kiat kelima, hanya allah swt lah satu-satunya penolon
g
setiap masalah, setiap persoalan hidup tidak akan terjadi kecuali dengan ijin allah swt.  kita tidak boleh takut menghadapi masalah, tapi takutlah tidak mendapat pertolongan allah dalam menghadapi setiap masalah dan persoalan hidup

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.