May 27, 2011

baca buku : bisnis ide

tadi pagi saya sempat sekilas menyaksikan tayangan ceramah pagi di sebuah televisi swasta, sang penceramah bertutur kurang lebih begini ; dengan keuletan kita bisa berbisnis apa saja, meski tanpa modal sama sekali, dengan modal “dengkul” pun kata sang penceramah asal ulet bisa juga kok sukses dalam berbisinis.

kemudian setelah itu muncul pertanyaan di benak saya : bagaimana dengan bisnis ide ? berbisnis dengan modal dengkul saja bisa sukses ? apa bisa dengan hanya bermodal ide ? kebetulan sebelumnya, pas waktu sebelum azan subuh saya baca buku : “jualan ide segar, membangun bisnis ide miliaran rupiah tanpa modal” yang di tulis oleh arief budiman dan diterbitkan oleh galangpress, tahun 2008. buku tersebut menurut saya keren dan ditulis dengan bahasa yang renyah, bergizi dan dahsyat. bercerita tentang dibalik layar asal mula, alasan, sejarah dan tumbuh kembangnya sebuah agensi periklanan bernama “petakumpet” dan serunya ditulis sendiri oleh orang dapur petakumpet, arief budiman.


dari membaca buku ini, saya mendapatkan pelajaran tentang banyak hal....dan salah satunya adalah tentang alasan sang penulis memilih membangun bisnis ide, tidak bisnis yang lain... seperti yang dipaparkan dibuku tersebut, ada delapan alasan kenapa memilih berbisnis ide, yaitu :

pertama, tidak perlu paham fisika, matematika, kimia
kedua, tidak perlu modal besar
ketiga, bahan bakunya gratisan dan tak mungkin habis
keempat, tidak tergantung tempat
kelima, boleh sarungan kalau kerja
keenam, bisa jual sekeping dvd seharga 188.000.000,-
ketujuh, jualannya sama, harga semaunya
kedelapan, bisa beramal dengan ide

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.