May 29, 2011

Reading Magazine : Belajar Dari Best CEO

ditengah jeda laga final piala champion eropa antara barcelona vs mu di stadion wabley, inggris yang saya saksikan lewat saluran vision1 sports, dinihari ini (29/05/2011), sambil meredakan “sedikit ketegangan” ketika menyaksikan babak pertama, saya sempatkan untuk menyusun bahan postingan untuk blog. dan jadilah tulisan ini, memang tidak ada hubungannya dengan bola, namun dari segi filosofi mungkin terkait... saya terinsipirasi dari majalah swa edisi 23/XXVI, yang dalam sajian utamanya tentang indonesia best ceo... saya belajar tentang filosofi kepemimpinan dari para the best ceo yang disajikan oleh majalah swa...dan dalam tulisan ini saya tertarik membuat resume singkat filosofi kepemimpinan ceo kompas gramedia, agung adiprasetyo...

pelajaran pertama :
“saya tidak bisa berdiri dibelakang hanya melihat anak buah bertempur. saya harus berdiri didepan, berjuang bersama dimedan perang sekaligus memberi semangat, menyalakan api, dan memberi motivasi kepada semua orang dibelakang saya”

pelajaran kedua :
seorang pemimpin ibarat konduktor. dia harus meyakinkan konser berjalan harmonis. “dia harus menjadi tukang kebun yang memotong pohon, menyiangi rumput, memindahkan batu, mengubah aliran air kolam, supaya kebun menjadi indah, maka pemimpin harus memiliki inisiatif”

pelajaran ketiga :
“tugas saya bukan meneruskan apa yang sudah ada melalui sukses kemarin. saya melihat angin yang berubah, situasi bisnis yang berbeda, dan arah jalur bisnis yang tidak sama dibanding 10 tahun lalu. saya harus realistis menghadapi persoalan hari ini, dan sekaligus menjawab pertanyaan bagaimana perusahaan ini harus tetap survive di masa mendatang. karena kondisi berbeda, saya tidak bisa sekedar copy paste dari apa yang selama ini sudah ada diperusahaan”

pelajaran keempat :
mengajak 21 ribu karyawan kkg mengubah pola sikap, pola pikir dan pola kerja dari suasana pasar yang bersifat legacy menjadi horisontal (new wave).
“walaupun bisnis kami masih nomor satu, perlu upaya untuk mempertahankan situasi itu, yakni mengajak karyawan selalu up-to-date dengan situasi hari ini”

pelajaran kelima :
“mencoba dan gagal adalah bagian dari permainan. selalu ada waktu untuk membuktikan sebelum seseorang dikatakan tidak bisa atau tidak sanggup”

tepat dipelajaran kelima saya mengetik resume ini, laga babak kedua final liga champion yang dimenangkan oleh barcelona 3 – 1 atas manchester united. saya mau menyaksikan prosesi penyerahan piala champion ueropa 2011.... selamat untuk barcelona....

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.