February 13, 2012

catatan dinihari, tentang tulisan dan ide-idenya

mau menulis tentang apa ya dinihari ini ? selalu bingung mencari ide tulisan ketika bangun dari tidur dan ingat dengan “tugas wajib” menulis postingan di blog. jadilah selalu muncul di kepala pertanyaan tersebut ketika ingin menulis. sebenarnya pertanyaan tersebut tidak akan muncul kalau sebelum tidur sudah menyiapkan ide terlebih dahulu plus bahan-bahannya juga sudah tersedia.

salah satu alasan klasik kenapa tidak disiapkan lebih dahulu ide dan bahan tulisan sehingga ketika mau menulis tidak akan bingung-bingung lagi adalah ; tidak ada waktu atau pikiran tersita untuk pekerjaan lain, bisa juga karena alasan yang lagi tren sekarang ; pikiran sedang galau…he..he…

bagi saya yang kemampuan berpikir dan menulis masih “dibawah standar” menemukan ide, mencari bahan dan kemudian merangkainya menjadi sebuah tulisan bukanlah pekerjaan yang bisa di katakan mudah. perlu kerja otak yang lumayan keras juga. satu hal lagi, saat pikiran saya dalam konsentrasi penuh saat mencari ide, mengumpulkan bahan atau saat menulis, saya sangat tergantung sekali dengan mood, sedikit saja mood turun gara-gara sesuatu lain hal, alamat konsentrasi saya berubah buyar.

meski menulis adalah bukan pekerjaan yang mudah, namun saya senang dan suka menulis. mungkin, saya harus mengatakan—dengan bangga—bahwa salah satu hobby saya adalah menulis meskipun saya bukan seorang yang pandai menulis dan tulisan saya pun jeleknya minta ampun. dari menulis, banyak manfaat dan “kenikmatan” yang saya dapatkan. salah satu manfaatnya adalah bisa mengurangi beban stress yang mengendap dalam pikiran… saat menulis, saya mendapatkan “kenimatan” luar biasa yang tidak bisa saya jabarkan dengan kata-kata.

ufts… saat menulis tulisan ini, tiba-tiba saja muncul ide untuk membuat tulisan tentang orang-orang yang selama ini saya kagumi karena kehebatan menulis dan isi tulisan mereka. dari mereka saya banyak belajar tentang gaya menulis, contoh tulisan dan ide gizi tulisan. ada 12 nama yang selama ini, tulisan mereka selalu baca dan tentunnya menjadi sumber inspirasi saya dalam menulis. secepatnya saya harus mengumpulkan bahan pendukung ide tersebut dan menuliskannya. berikut 12 nama yang selama ini saya kagumi karena kehebatan dan kemampuan menulis yang luar biasa :
1# goenawan mohamad
2# dahlan iskan
3# yusran pare
4# eep saifullah fattah
5# mohammad sobary
6# samuel mulia
7# wimar witoelar
8# dewi “dee” lestari
9# ippho santosa
10# emha ainun nadjib
11# komaruddin hidayat
12# rosihan anwar (alm)
setelah nanti saya lengkap mengumpulkan bahan pendukung tentang 12 nama tersebut, saya akan menuliskannya lengkap dalam sebuah tulisan.

sudah azan subuh… tulisan ini saya stop sampai disini saja.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.