February 4, 2012

cemas dan cara mengatasinya

salah satu “penyakit mental” yang saya sering rasakan saat ini adalah mudah cemas. apa saja yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari bisa berpotensi menimbulkan kecemasan dalam diri saya. dan “mengidap” penyakit cemas ini benar-benar membuat saya tidak nyaman. hidup saya seperti menjadi tidak produktif lagi.

saya tidak ingin berlama-lama mengidap penyakit cemas ini, perlu penyembuhan yang cepat. dinihari ini tadi saya googling saja di internet, mencari kiat atau cara bagaimana menghilangkan penyakit cemas ini. saya banyak menemukan informasi tentang penyakit cemas ini dari internet dan saya meramu beberapa hal yang menurut saya menarik dan inspiratif untuk terapi menghilangkan penyakit cemas tersebut.

dari tulisan yang saya dapatkan di internet, saya jadi tahu sumber muasal dari penyakit cemas tersebut, yaitu ternyata berasal dari pekerjaan, keluarga, hubungan dengan orang lain, keuangan, atau kesehatan. setelah saya pikir, benar juga ya… inilah muasal dari kecemasan saya selama ini.

dan yang membuat saya “cemas”—nah, kacau dah—mau sembuh dari cemas kok malah tambah lagi cemasnya…he…he.. ternyata, penyakit cemas itu bisa berkembang menjadi suatu kondisi klinis yang disebut generalized anxiety disorder. orang yang mengalami gangguan ini, dikatakan adalah orang yang mengidap penyakit cemas tentang berbagai masalah sekaligus, termasuk hal-hal yang ada di luar kontrol mereka, misalnya cuaca dan krisis moneter yang terjadi di eropa dan amerika.

karena kita manusia, sebenarnya wajar jika kita cemas dan takut. namun, kita tidak boleh membiarkan perasaan takut atau cemas tersebut mengganggu hidup kita. kebanyakan dari kecemasan itu umumnya timbul karena rekaan pikiran sendiri tanpa ada penyebab yang jelas. untuk menghilangkan penyakit cemas dari diri kita, berdasarkan saran pendapat dari para ahli pengusir cemas…he…he… berikut beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengusir cemas :

- rubah kebiasaan
bagi kebanyakan orang, kecemasan timbul akibat kebiasaan yang mungkin dapatkan dari lingkungan sekitar. karena itu, pertama-tama anda harus menyadari bahwa anda adalah orang yang mudah cemas dan terbuka untuk melakukan perubahan perilaku.

- gunakan logika
begitu anda mulai merasa cemas akan sesuatu, ingatkan diri akan faktanya dan kenyataan bahwa kecemasan yang lalu tidak terbukti. jika anda sudah terlanjur membuat sirkuit kecemasan di otak, yang perlu dilakukan adalah membuat sistem sirkuit lain yang lebih rasional.

- perhatikan pola makan

terkadang hal-hal kecil bisa menimbulkan kecemasan, misalnya saja rasa lapar atau makanan tertentu. kebanyakan orang yang menderita kecemasan kekurangan magnesium. mengurangi minuman berkafein dan alkohol juga membantu mengurangi rasa cemas.

- jangan lupa olah raga
olahraga sangatlah penting. bila anda sering diliputi kecemasan, olahraga menjadi solusi yang bisa membantu menenangkan pikiran sekaligus membuat kita sehat secara fisik

- hiduplah untuk saat ini
jalani hidup kita hari ini, detik ini dengan penuh kesadaran dan kesungguhan. lupakan kenangan pahit di masa lalu dan jangan terlalu berpikir tentang betapa suramnya hidup kita di masa depan.

- jangan lupa untuk sholat dan berdoa
sholat adalah obat yang paling mujarab untuk membuat pikiran kita tenang dan jernih. sholat juga menjadi sarana kita untuk memohon bantuan yang maha kuasa untuk menjadikan hidup kita kuat dan mampu menjalani hidup dengan sebaik-baiknya.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.