April 13, 2011

inspirasi dari buku : brownies kukus amanda & sepak bola

Bisnis Untuk Anak Muda
Dapatkan uang saku jutaan / bln
Jadilah Anak Muda yang Kaya
Gabung Sekarang

Bisnis Online Ibu Rumah Tangga
Raih Penghasilan Berlimpah
Jadi Ibu Rumah Tangga Sukses
Dgn Modal 40 rb Join Now!

Pengen Gaji Double ?
Dapatkan Gaji Double Jutaan Rupiah
Join dBC Network
Sangat cocok utk Pegawai Kantoran
------------------------------------------------------------
ketika membaca surat kabar, ketika membaca majalah dan ketika googling, saya tidak menemukan sesuatu yang menarik dan inspiratif. kemudian saya kehilangan semangat untuk membuat postingan. buku menjadi alternatif terbaik untuk saya baca. buku seperti menjadi sebuah mata air yang tak pernah kering, sumber dari ilmu pengetahuan yang tak habis-habis. dan jadilah dari magrib hingga dinihari menjelang kick off laga kedua babak delapan besar liga champion antara mu vs chealsea, saya habiskan waktu hanya dengan membaca buku.

ada dua buku yang saya baca sampai tuntas, yaitu : mencicipi kesuksesan amanda brownies kukus, yang ditulis oleh indari mastuti & agustin rozalena, diterbitkan oleh penerbit kaifa, 2010. dan buku kedua yang saya baca adalah : air mata bola : catatan sepakbola sindhunata, editor : j.b. sudarmanto & p. Cahanar dan diterbitkan oleh penerbit buku kompas, 2002.

berikut, inspirasi dan pengetahuan yang saya dapatkan dari dua buku tersebut. yang pertama dari buku mencicipi kesuksesan amanda brownies kukus. dari buku ini banyak hal yang saya dapatkan, mulai dari asal mula brownies kukus bernama amanda yang sangat terkenal di kota bandung, rahasia di balik dapur brownies amanda, sampai kiat manajemen dan pemasarannya. salah satu inspirasi yang saya dapatkan dari buku tersebut yang ingin saya tuliskan disini adalah tips memulai usaha dengan modal relatif kecil, yaitu :

pertama, manfaatkan modal untuk membeli bahan baku terlebih dahulu, sedangkan untuk peralatan cukup memakai alat-alat yang sudah ada. jika memang harus membeli, belilah peralatan yang memang untuk keperluan usaha.

kedua, tabunglah keuntungan walaupun kecil, untuk menambah modal usaha agar sedikit demi sedikit menjadi lebih berkembang.

ketiga, membuat proposal tentang rencana usaha yang akan digeluti, sebagai alat yang bisa dipakai untuk meyakinkan orang lain yang punya modal.

keempat, lakukan dengan kreatifitas. yakinlah tidak semua orang bisa melakukannya dan jangan menunda-nunda jika sudah menemukan peluang.

kelima, harus percaya diri.

keenam, kuasai teknik menjual

ketujuh, pahamilah bahwa kelangsungan suatu kegiatan usaha akan bergantung pada adanya kebutuhan dan permintaan atas barang atau jasa.

adapun yang inspiratif dari buku air mata bola : catatan sepakbola sindhunata adalah bahwa sepak bola bukan sekedar permainan semata, bukan sekedar hiburan bagi yang gemar menontonnya. sepak bola kaya dengan pelbagai aspek kehidupan, pengajaran tentang realisme nasib dan menjadi sumber refleksi dan permenungan.

ada dua kalimat yang paling inspiratif dari buku tersebut, yang ingin saya kutipkan dan tulis dipostingan ini, yaitu :

tidakkah dalam bola kita dapat melihat tragedi, komedi, ketabahan untuk menerima kegagalan, tekad, dan keberanian untuk meraih kemenangan, kerja sama dan ketergantungan manusia satu dengan lainnya. siapa tahu, bola justru dapat menjadi inspirasi bagi kita untuk mengenal diri yang sesungguhnya, lalu memberanikan diri untuk meraih cita-cita yang seharusnya kita punya?”

hidup ini hanya mempunyai satu pesona, yakni permainan. pesona permainan hidup tidak dapat membuat kita acuk tidak acuh, ia selalu bertanya, maukah kamu menang atau kalah ? (charles baudelaire)“

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.