April 27, 2011

reading magazine : women inspiring from majalah swa

postingan ini menyambung postingan saya sebelumnya ; reading magazine : majalah tempo dan perempuan indonesia. namun dengan judul postingan yang berbeda. ide untuk membuat tulisan ini saya dapatkan setelah saya membaca majalah swa edisi 14 – 27 april 2011 yang dalam sajian utamanya mengangkat masalah perempuan. hal yang menarik dan inspiratif dari majalah swa kali ini adalah ternyata di indonesia saat ini ada begitu banyak perempuan yang sukses jadi pengusaha, pemimpin perusahaan dan birokrat (halaman : 100 wanita pengusaha indonesia 2011). dan oleh majalah swa mereka, para perempuan tersebut digelari sebagai “bukan professional dan pengusaha biasa”.

dibenak saya kemudian muncul pertanyaan yang agak sedikit menggangu: apakah mereka, para perempuan tersebut bisa menjadi professional dan pengusaha yang sukses karena terinspirasi oleh kartini ? atau setidaknya semangat kartini ada didalam diri mereka ? seberapa besar impact emansipasi yang didengungkan kartini dalam surat-suratnya kepada orang belanda dimasa silam menginspirasi mereka untuk bisa sejajar dengan kaum pria atau bahkan lebih ?

saya tidak hendak menerka tentang jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. ketika kini, laki-laki ataupun perempuan punya peluang dan potensi sama untuk menjadi professional, pengusaha dan birokrat sukses, jargon emansipasi dan alasan karena andil seorang kartini sudah tidak relevan dan basi. ada begitu banyak wanita di indonesia dari dulu hingga kini yang mampu berbuat, berkiprah serta sukses melebihi apa yang dicapai oleh kartini pada zamannya.

setelah tuntas membaca sajian utama majalah swa edisi ini, sangat menginspirasi bahwa semua orang bisa sukses dan tidak ada lagi batasan gender untuk menjadi professional, pengusaha ataupun birokrat dan satu hal yang menarik pula berbeda dengan pria, dalam bekerja wanita punya nilai lebih karena memiliki naluri kewanitaan hingga mampu bekerja tidak hanya dengan rasio, tapi dengan hati dan intuisi. wanita juga dalam bekerja memiliki karakter ulet, tekun, teliti, bekerja secara mendalam dan detil.

dari majalah swa kali ini pula, saya bisa belajar tentang kepemimpinan dan bagaimana sukses jadi pemimpin bisnis di masa depan dari hasil seleksi indonesia future women leader 2011 yang digelar oleh majalah swa. ada 10 profil finalis yang dipaparkan dan kesepuluh finalis tersebut dengan prestasi dan visi yang menginspirasi. berikut saya kutipkan 10 final tersebut :
top 10 indonesia young women future business leader 2011
1# selvi nurlia – villa kek pisang
2# novi tanjung – pt microsoft indonesia
3# jacqueline karina – pt firmenich indonesia
4# tutus maya widayati – pt hm sampoerna tbk
5# nur ely – aoc monitor
6# nathalia shintya dewi – rpx group
7# stefanie kurniadi – creasionbrand
8# anindita gayatri – horti chain center
9# elvera n makki – pt unilever indonesia
10# ari kartika – kidzania indonesia
untuk menutup postingan saya kali ini, saya kutipkan qoute menarik yang ditulis di majalah swa, dikutip oleh paulus bambang ws, vice president director pt united tractor tbk dari ucapan seorang biarawan mexico, san xavier del bac.
sure, god create man before women, but then you always make a rough draft before the final masterpiece”

----------------------------------------
Bisnis Online Terbaik Untuk Wanita Indonesia
Raih Penghasilan Berlimpah
Sangat Cocok untuk wanita
Bisnis di d’BC Network dengan modal awal pendaftaran Rp.39,900 saja
Untuk menghasilkan jutaan rupiah per bulan…baca aneka testimoninya!
----------------------------------------

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.