April 9, 2011

reading newspaper : surat kabar dalam empat hari

ketika sore tadi saya baca surat kabar, hujan begitu deras diluar rumah. seperti biasa tiap sore, saya baca surat kabar dengan cara merapel dan sore ini ada empat hari berturut-turut surat kabar yang saya baca. (5,6,7,&8 april 2011).

seperti kebiasaan saya pula dalam membaca surat kabar, pertama, saya baca semua dulu surat kabar tersebut dengan teknik membaca cepat, setelah terbaca semua kemudian saya baca untuk kedua kali, saya pilah, mana yang harus saya baca ulang dan yang tidak harus saya baca lagi. setelah itu, saya akan baca kembali berita yang sudah saya pilah tersebut, untuk saya tentukan lagi, apakah menarik dan inspiratif...
----------------------------------------------------------------------
Bisnis Untuk Anak Muda
Dapatkan uang saku jutaan / bln
Jadilah Anak Muda yang Kaya
Gabung Sekarang

Bisnis Online Ibu Rumah Tangga
Raih Penghasilan Berlimpah
Jadi Ibu Rumah Tangga Sukses
Dgn Modal 40 rb Join Now!

Pengen Gaji Double ?
Dapatkan Gaji Double Jutaan Rupiah
Join dBC Network
Sangat cocok utk Pegawai Kantoran
----------------------------------------------------------------------
untuk informasi / berita yang menarik bisa saya baca dua atau tiga kali. ini saya lakukan bukan saja karena tingkat pemahaman saya terhadap sesuatu kadang lambat...maklum masih pakai pentium atu, jadi lelet loadingnya..he..he... tapi juga untuk mendalami, menemukan benang merah pemikiran dan juga mentautkan referensi terhadap bacaan-bacaan yang pernah saya baca sebelumnya...

mungkin hal tersebut, kesannya membuang waktu saja, masih banyak hal lain yang saya harus saya kerjakan, yang lebih bermanfaat daripada membaca surat kabar. tapi, dari aktivitas membaca surat kabar itulah, salah satunya saya menemukan suatu kepuasaan tersendiri, sebuah kepuasan batin dan ketenangan jiwa, dan ini sesuatu yang menurut saya, tidak bisa ditukar dengan uang... saya jadi ingat dengan bukunya mas pandji pragiwaksono : how i sold 1000 cds in 30 day, dibuku tersebut mas pandji ada menulis tentang ludic reading, yaitu suatu kondisi dimana ketika kita membaca, seakan-akan kita hilang dalam bacaan kita, lupa akan sekitar dan larut dalam tulisan...
mungkin, ketika saya membaca surat kabar, saya juga mengalami ludic reading tersebut, entahlah...

dalam postingan saya kali ini, tentang surat kabar yang saya baca sore ini, ada empat hari, saya tidak menuliskan hal-hal yang menarik dan inspiratif yang saya dapati...tapi saya ingin menuliskan isi headline surat kabar selama empat hari, trending topic berita yang sedang hangat, tajuk surat kabar, dan nama-nama artis yang muncul...

pertama, headline surat kabar selama empat hari berturut-turut (kompas, 5,6,7 & 8 april 2011)

selasa, 5 april 2011
sumsel minta tambahan dana, panitia pusat-daerah diminta kembali pada fungsi semula. headline ini berisi tentang berita persiapan fisik jelang sea games xxvi, yaitu pembangunan arena olah raga sea games di kompleks jakabaring palembang. Panpel sumatera selatan mengajukan tambahan dana rp. 600 miliar untuk sarana, prasarana dan persiapan non fisik.

rabu, 6 april 2011
saksi korban belum tak ada yang muncul, “private banking” bisa untuk pencucian uang. Headline ini berita tentang malinda dee yang ditangkap polisi karena disangka membobol dana nasabah private banking citibank, namun lebih dari 10 hari setelah perkara itu terungkap, belum ada seorang saksi korban pun yang melaporkan melinda

kamis, 7 april 2011
malinda pegang 236 nasabah, citibank : tidak ada pencucian uang. headline ini juga masih tentang malinda dee, tersangka pembobolan dana nasabah citibank.

Jum’at, 8 april 2011
dpr tak peduli suara rakyat, presiden : batalkan pembangunan gedung. Headline ini tentang dpr yang memutuskan melanuutkan pembangunan gedung baru dpr senilai 1,138 triliun.

kedua, trending topic berita yang sedang hangat atau ramai diberitakan dan diomongkan orang. berdasarkan referensi berita yang sedang lagi ramai dan hangat dibahas di televisi dan internet, menurut saya berita yang paling hangat dan ramai yang dimuat di surat kabar kompas tanggal 5,6,7 & 8 april 2011 adalah : tentang malinda dee, tersangka kasus pembobolan dana nasabah private banking citibank.

ketiga, tentang tajuk surat kabar. tajuk atau biasanya disebut editorial adalah sikap / opini dari pihak redaksi surat kabar terhadap berita / peristiwa / permasalahan yang sedang ramai / marak diberitakan. saya senang membaca tajuk ini, karena saya jadi tahu pandangan, sikap dan opini redaksi terhadap suatu berita. apalagi tajuk yang ditulis dengan bahasa yang santun, jernih dalam menyikapi dan mengurai masalah serta memberikan solusi. isi tajuk biasa saya jadikan referensi apabila ditanya tentang masalah-masalah tertentu. berikut judul tajuk rencana yang diangkat oleh kompas pada tanggal 5,6,7, & 8 april 2011 :

selasa, 5 april 2011 :
- sea games pertaruhan citra bangsa
- perdamaian yang hilang (tentang perdamaian di timur tengah, asia selatan dan afrika)

rabu, 6 april 2011
- hubungan RI - Turki
- otoriter dan bahaya komunalisme

kamis, 7 april 2011
- penetrasi produk cina
- liga arab dalam ujian

jum’at, 8 april 2011
- tercorengnya citra perbankan
- dampak bocoran wikileaks

keempat, nama-nama artis yang muncul...ini adalah nama artis yang diberitakan di halaman nama & peristiwa surat kabar kompas. menurut saya, meski ditulis dengan gaya bahasa yang ringan dan berisi berita ringan tentang kegiatan si artis, tapi itu bukan gosip murahan atau hanya sensasi saja. setelah membaca berita politik, hukum, ekonomi yang terkesan berat dan serius, membaca berita tentang artis---juga ada tokoh-tokoh terkenal tertentu---menjadi semacam rehat untuk merelaksasi otak. Berikut nama-nama artis dan aktivtasnya yang dimuat di surat kabar kompas tanggal 5,6,7 & 8 april 2011 :

selasa, 5 april ada tentang artis cantik sandra dewi (28) yang digandeng pt. djarum mempromosikan kudus sebagai kota wisata bulu tangkis, kuliner dan heritage. Ada juga tentang penyanyi mancanegara, taylor swift (22) yang mendapatkan penghargaan entertainer of the year dalam ajang academy of country music award ke-46.

rabu, 6 april ada tentang pingkan mambo (31) yang bersama sejumlah artis lain di undang menghibur dalam acara pasar malam indonesia 2011, 1 – 7 april di den haag belanda. dan ada juga tentang ramon y tungka (26) yang baru kembali dari tanah suci mekah, menunaikan ibadah umroh.

kamis, 7 april ada tentang band netral yang digawangi oleh bagus, choki dan eno ini akan melakukan tur konser 12 kota di luar jawa dan sedang menggodok materi album terbaru.

jum’at, 8 april ada tentang band alexa yang ditunjuk sebagai ikon produk olah raga berskala internasional, yaitu adidas.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.