April 18, 2011

reading magazine : majalah tempo tentang ali topan

gara-gara diserang virus ngantuk, shalat jum’at saya di mesjid siang tadi jadi kelewat khusuk, 80% kesadaran saya hilang dan saya tidak bisa menangkap sama sekali uraian khotbah yang disampaikan dan hingga berdo’a pun saya lupa. tapi setelah balik ke rumah anehnya virus ngantuk itu bersih sama sekali, padahal belum juga sempat saya scan dengan anti virus macam smadav dan avira...he...he...

untuk memancing virus ngantuk datang kembali, saya bawa membaca majalah tempo edisi terbaru (11- 17 april 2011) yang gambar sampul depannya ada gambar sketsa malinda dee dengan---maaf---buah dada yang lumayan besar. jadilah sampai saya tuntas membaca keseluruhan isi majalah, virus ngantuk tak datang-datang juga.


majalah tempo edisi 11- 17 april 2011 memang masih mengangkat laporan utama tentang skandal pengelapan dana nasabah citibank oleh melinda dee, namun dalam postingan ini, saya tidak ingin membahasa kasus tersebut, juga tidak tentang kabar politik sekitar kisruh gedung baru dpr atau beberapa yang cukup menarik buat saya, seperti sekolah bertaraf internasional, mesin pengolah sampah jadi gas skala rumahan, pameran tunggal altje ully, tentang ulasan film “you will meet a tall dark stranger” atau tentang desain rumah arsitek eko prawoto, tentang perang tarif perusahaan telekomunikasi dan atau catatan pinggir-nya goenawan mohamad.

tapi tentang ali topan...kenal ga ? di majalah tempo edisi 11 – 17 april ini ada memuat kisah tentang ali topan yang akan dipentaskan dalam drama musikal ali topan the musical oleh koreografer ari tulang dan musisi diap hp dan seputar cerita tentang sang penulis novel ali topan, teguh esha serta kisah sejarah novel ali topan yang meledak di tahun 1970-an.

Ada dual yang menarik bagi saya dan juga inspiratif dari cerita tentang ali topan tersebut adalah pertama, kisah-kisah dibalik layar bagaimana persiapan pementasan drama musikal ali topan, mulai dari ide awal ali topan the musical tercetus, studi banding-nya yang ke west end, london, inggris, audisi pemain, musik dan tata panggung-nya.

kedua, yang menarik dan inspiratif adalah cerita muasal lahirnya novel ali topan, latar setting / realitas zaman / fenemona sosial munculnya novel dan karakter / spirit yang dibawa oleh ali topan.

mantap....

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.