April 5, 2011

reading newspaper : subuh dan surat kabar

----------------------------------------------------------------------
Bisnis Untuk Anak Muda
Dapatkan uang saku jutaan / bln
Jadilah Anak Muda yang Kaya
Gabung Sekarang

Bisnis Online Ibu Rumah Tangga
Raih Penghasilan Berlimpah
Jadi Ibu Rumah Tangga Sukses
Dgn Modal 40 rb Join Now!

Pengen Gaji Double ?
Dapatkan Gaji Double Jutaan Rupiah
Join dBC Network
Sangat cocok utk Pegawai Kantoran
----------------------------------------------------------------------
sampai dengan subuh ini, pikiran saya masih buntu. tidak bisa diajak berpikir untuk memunculkan ide untuk sebuah tulisan, padahal tuntutan untuk secara rutin membuat postingan di blog begitu menggebu. setelah hampir satu jam duduk dimuka notebook dan sudah googling kesana kemari---sementara udara subuh kian dingin dan nyamuk-nyamuk pada berpatroli---ide itu ternyata tak muncul-muncul juga. jadilah seperti siang tadi (senin, 4/4/2011) sekian jam “bertapa” dibilik warnet terbuang percuma. anything else which I get besides blocked mind and hungry stomach.

bosan dengan notebook dan googling tak tentu, saya beralih ke tumpukan surat kabar. ada tiga hari saya tidak baca surat kabar kompas---sabtu, minggu & senin (2,3,4 april 2011)---jadilah saya membolak balik halaman surat kabar, mengais berita, info dan apapun yang sekiranya bisa menarik dan menginspirasi pikiran saya dan menjadikannya sebuah tulisan.

di surat kabar hari senin---4/4/2011---banyak berita yang menarik tersaji. tapi tetap saja tidak memunculkan keterpikatan saya. ada berita politik, hukum, ekonomi, olah raga, kriminal, luar negeri dan lain-lain.... dari banyaknya berita, kemudian hanya ada tiga hal yang menarik hati saya : dari lapangan tenis, yaitu tentang victoria azarenka (21) yang meraih gelar juara sony ericsson terbuka setelah mengalahkan maria shararova di partai final. dua hal lain adalah tentang nia dinata, seorang sutradara dan produser film yang katanya lagi sedang menyiapkan sekuel film, Arisan 2. pernah nonton film Arisan kan ? film Arisan yang dibuat delapan tahun silam dan juga pernah dibuat dalam versi sinetron... bagaimana dengan sekuel kedua film arisan ini ? apakah akan sehebat dan seheboh film pertamanya yang bisa menyabet penghargaan festival film indonesia ?

yang terakhir adalah tentang soimah pancawati, pesinden yang di ajak oleh dewa budjana---gitaris band gigi---berkolaborasi untuk sebuah acara amal “konser amal koin sastra’’ di bentara budaya jakarta, rabu 13 april 2011. bagaimana ya jadinya kolaborasi antara gitaris dengan pesinden ? andai saya bisa nonton...pasti seru kayaknya...sudahlah, mungkin nanti saya hanya bisa baca beritanya saja di surat kabar...he...he...

berpindah ke surat kabar hari minggu (3/4/2011). seperti biasa, dihari minggu, porsi berita politik, dkk lebih sedikit, jadi karena halaman surat kabar minggu di dominasi “berita” seni dan budaya jadilah banyak hal yang menarik dan inspiratif. tapi dalam tulisan ini, saya ingin menuliskan tiga saja, yang menurut saya paling menarik, yaitu tentang nano-ratna, cinta 24 jam, isi tulisan parodi minggu ini dan review tiga film.

yang pertama, dari halaman persona. tentang suami istri n riantiarno / nano & ratna karya majid dengan kisah teater koma-nya serta “rahasia” tetap eksisnya teater koma sampai kini yang sudah berumur 34 tahun. dulu, saya pernah beberapa kali menonton pementasan teater koma. andai sekarang saya punya waktu dan kesempatan, menonton pementasan teater koma adalah keinginan tertinggi saya, apalagi setelah membaca “kisah” nano & ratna yang mencintai dunia teater 24 jam ini.....

beralih ke rubrik parodi...judul tulisan di rubrik parodi kali ini adalah ; galau lagi galau lagi... membaca tulisan samuel mulia ini saya selalu saja merasa tercerahkan. meski penulis mengaku ber IQ jongkok tapi ya setelah membaca tulisan tersebut, IQ saya yang lebih jongkok lagi ternyata... setelah dua tiga kali saya bolak balik baca...saya jadi manggut-mangut membenarkan dan sesaat kemudian pikiran jadi fresh, cerah....aneh juga...he...he...

coba apa lagi yang bisa ucapkan setelah membaca kalimat berikut :

....kalau kecemerlangan bintang dapat terlihat karena ada kegelapan sebagai latar belakangnya apakah benar kegelapan itu tidak baik ? .....

....di kehidupan yang nyata, bukankah karena ada musuh, maka ada istilah pahlawan ?

....seringkali saya diceramahi kalau saya tidak boleh menyesali hidup karena hidup saya yang lama, yang gelap itu adalah sebuah pelajaran yang mematangkan dan membuat saya naik kelas ?....

sebenarnya ada beberapa kalimat lagi yang tak kalah mantap dari kalimat di atas, tapi cukup itu dulu...bukan saya jadi bingung dan ikutan galau seperti yang di ungkapkan penulisnya... namun, karena sudah terdengar azan subuh dari pengeras suara mesjid, saya harus melaksanakan kegiatan lain dulu---membereskan rumah, ngurus anak & istri, menyiapkan diri untuk berangkat ke kantor, tentunya tak lupa untuk sholat subuh---jadi tulisan ini saya stop dulu...he...he....

sekarang disambung lagi....masih tentang parodi....melanjutkan kalimat yang menurut saya inspiratif dan menarik dari tulisan di rubrik parodi tersebut :

....bukankah kalau sama terangya, atau sama gelapnya tak ada yang stand out dan kemudian menjadi begitu biasa, begitu datar dan tak ada geregetnya ?....

...malu bertanya tak akan sesat dijalan, tetapi menanyakan kepada manusia yang pengetahuan dan kondisi jiwanya tidak sehat yang akan menyesatkan...

mantap bukan ?
untuk parodi cukup dulu, sambil kita berpikir ulang tentang kalimat di atas...kita tunggu sambungan tulisan di rubrik tersebut apakah lebih galau lagi..he..he...

berpindah ke hal yang menarik berikutnya, yaitu tentang film. di halaman 15 ada review tiga film. satu review film dalam negeri, sisanya film luar. karena saya tidak punya waktu dan kesempatan terutama, untuk nonton film-film terbaru di studio 21. jadinya saya tidak bisa berkomen atas tiga film tersebut, saya hanya ingin menyebutkan judul film, sutradara dan pemainnya saja.

film : “?”
sutradara : hanung bramantyo
pemain : reza rahadian, revalina s temat, agus kuncoro, rio dewanto, david chalik, hengky sulaiman, glenn fredly

film : the company men
sutradara : john wells
pemain : ben affleck, tommy lee jones, chris cooper, kevin costner

film : after life
sutradara : agnieszka wojtowicz-vosloo
pemain : liam neeson, christina ricci, justin long

itu tadi tiga film tersebut, tertarik silakan datang nonton di bioskop..he..he..

sekarang saya hendak beralih ke surat kabar kompas hari sabtu (2/4/2011), mencari hal lainnya yang mungkin menarik dan inspiratif buat saya. ada yang menarik dihalaman 20, rubrik ekonomi. kisah tentang nurul soraya, seorang perajin sepatu di surabaya yang memanfaatkan limbah kulit dari pabrik sendal dan sepatu bermerek internasional menjadi sendal dengan nilai jual tinggi. yang inspiratif buat saya adalah memunculkan ide dan kreasi untuk memanfaatkan limbah kulit menjadi sandal orang dewasa dengan nilai jual yang menguntungkan. layak di apresiasi.

yang kedua yang menurut saya menarik adalah tentang dini aminarti (28) seorang artis sinetron yang ternyata rajin mencari informasi untuk hal-hal yang menyangkut pekerjaannnya melalui perangkat ipad yang dimilikinya. selain itu ternyata seorang artis seperti dini aminarti suka baca buku dan novel untuk mengisi waktu luang di lokasi syuting. Mantaps....

menutup tulisan ini, saya hendak mengutipkan beberapa pesan menarik dari tulisan rene suhardono di kolom ultimate-u di halaman karier, surat kabar kompas yang berjudul : do what you fear.

1# fear just can’t be trusted

2# there has to be God. All of this did not just happen – fait must be believing what you know just can’t be

3# make mistakes and learn from them

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.