April 22, 2011

buku : tren belanja online

malam ini saya membaca lagi bukunya rhenald khasali : cracking zone (2010). salah satu bab di dalam buku tersebut yang menarik dan inspiratif bagi saya adalah tentang trend belanja online (bab 3) yang terjadi di indonesia, potensi dan peluang dari penggunaan internet, ada juga tentang hasil riset tentang alasan orang berbelanja dan berbisnis di internet serta tentang hasil survey tren berbelanja online di indonesia.

alasan orang berbelanja online
dalam buku cracking zone ini dipaparkan hasil riset dari visa ecommerce consumer monitor, badan riset visa. dari hasil riset tersebut ditemukan empat jawaban dari alasan mengapa semakin banyak orang berbelanja dan berusaha di internet :
pertama, sekitar 80% responden mengatakan waktu berbelanja online lebih fleksibel.
kedua, sebanyak 79% responden mengatakan mereka mudah membandingkan harga sehingga bisa lebih berhemat.
ketiga, 78% responden menjawab untuk membanding-bandingkan produk
keempat, 75% responden menjawab untuk mencari barang-barang murah
---------------------------------------------------
Bisnis online bersama d’BC Network!
Modal awal hanya Rp. 39.900,-
Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer. Daftar Sekarang!

Bisnis Online Ibu Rumah Tangga
Raih Penghasilan Berlimpah
Rumah Tangga Bahagia
Dgn Modal 40 rb Join Now!

BISNIS PALING MENGUNTUNGKAN
Peluang bisnis internet online dengan mengalihkan belanja bulanan?
Kerja pintar…BUKAN kerja keras..
Untuk Gabung Klik Disini
---------------------------------------------------
hasil survey tren berbelanja online di indonesia
buku cracking zone memuat hasil riset dari the nielsen company indonesia, pada tahun 2010 bahwa ; sebanyak 68% dari total responden yang disurvey mengaku pernah berbelanja online. ada 80% persen responden pengguna internet di indonesia berencana akan berbelanja secara online.

dari hasil riset itu pula diketahui produk atau jasa yang akan dibeli dalam enam bulan ke depan oleh pengguna internet di indonesia :
buku 38%
pakaian dan aksesories 33%
tiket pesawat 29%
elektronik 27%
pariwisata 25%
kosmetika dan suplemen 16%
tiket hiiburan 15%
hardware komputer 15%
video/DVD/Games 12%
sayuran 10%

hasil riset yang dikutip oleh buku cracking zone ini juga memaparkan perihal perbedaan perilaku antara apa yang dibeli oleh pria dan wanita indonesia di internet. untuk pria buku produk terbesar yang dibeli secara online adalah buku (34%) kemudian hardware komputer (33%), peralatan elektronik (32%), tiket pesawat (24%) dan pakaian (23%). sedangkan untuk wanita produk yang paling penting dibeli adalah pakaian, sepatu dan aksesories (49%), lalu buku (43%), tiket pesawat (37%) elektronik (19%) dan perjalanan wisata (18%). dari hasil riset di tersebut diketahui juga bahwa ternyata perempuan indonesia lebih aktif berbelanja secara online dari pada pria.

membaca hasil riset di atas dan data-data yang dituliskan di dalam buku cracking zone, terutama bab 3 yang saya baca, selain menambah pengetahuan saya tentang perkembangan di ranah internet saat ini, juga membuka suatu wawasan baru buat saya, dari hasil riset tersebut, dari tren berbelanja online dan pola perilaku pengguna internet khususnya di indonesia, pertama memberikan kesadaran bagi saya sebagai konsumen tentang penggunaan internet untuk belanja. kedua, saya jadi tahu peluang apa saja yang bisa saya manfaatkan untuk kepentingan bisnis yang saya jalankan di dunia internet.

1 comments:

  1. mantab infonya bro, jalan-jalan ke www.click-buynow.com ya friend...

    ReplyDelete

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.