January 14, 2012

agar hidup tidak biasa-biasa saja...

jika kita mau menyadari lebih dalam ternyata hidup itu hakikatnya adalah sebuah pergerakan. bergerak untuk menjadi lebih maju dan lebih baik. dalam hidup ini, pernahkah kita berpikir untuk bergerak secara optimal dan maksimal ? atau kita terlampau malas untuk bergerak dan bertahan hidup dengan cara yang biasa-biasa saja ? saran saya jangan mau hidup biasa-biasa saja. jadilah orang yang punya prestasi hebat dan besar dalam hidup dan tak kalah dengan orang lain. ufts…. tentu prestasi disini adalah dalam artian yang positip dan tidak hanya bersifat kedunian semata.


nah… berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan agar hidup kita mampu berprestasi secara optimal dan maksimal baik dalam urusan dunia dan akhirat.

pertama, mendiagnosis dan membuang penyakit sia-sia.
lakukan perenungan dan identifikasi apa saja aktivitas yang kita lakukan setiap hari. pilah mana yang negatif dan mana yang positip. kalkulasi berapa banyak amalan / ibadah yang telah kita lakukan. hitung berapa jam yang kita gunakan untuk bekerja dan apa hasil yang bisa kita dapatkan. dalam mendiagnosa ini, jujurlah pada diri kita sendiri.

kedua, baca dan teladani kisah-kisah orang-orang sukses.
orang-orang yang telah sukses adalah teladan yang perlu kita contoh. dari mereka kita bisa belajar tentang bagaimana meraih kesuksesan,

ketiga, niat dan tekad yang kuat
semua perbuatan dimulai dari niat. orang sukses pasti pada mulanya punya niat yang kuat untuk sukses. niat saja tidak cukup. untuk itu perlu di dukung tekad yang tak kalah kuat. tekad merupakan output dari niat. kita punya niat tapi bila tak punya tekad sama artinya harapan untuk hidup lebih baik hanyalah mimpi belaka. pancangkat niat yang kuat dan bulatkan tekad untuk melakukan yang terbaik untuk diri kita masing-masing.

keempat, buat perencanaan hidup sedetail mungkin.
inti dari hidup adalah mengisi waktu dari detik demi detik. sukses yang ingin kita raih dalam satu tahun, dua tahun atau bahkan 10 tahun ke depan dimulai dan ditentukan oleh bagaimana kita memanfaatkan setiap detik waktu yang ada. jangan sia-siakan detik demi detik yang datang kepada kita hingga terbuang percuma. buat perencanaan sedetil mungkin. susun perencanaan mulai dari target atau cita-cita yang hendak kita capai. atau bisa dengan membuat resolusi. kemudian buat target bulanan, mingguan dan harian. buat sedetil dan sejelas mungkin.

kelima, lakukan evaluasi setiap saat.
evaluasi diperlukan agar kita tidak keluar jalur dari target yang telah kita buat. evaluasi yang baik adalah mengukur dengan jujur realisasi pencapaian, kekurangan dan kelebihannya, positip atau negatif dan setelah evaluasi dilakukan perbaikan serta dijadikan landasan untuk perbaikan ke depannya.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.