January 3, 2012

catatan dinihari : apa yang hendak saya tulis ?

untuk bisa sukses...ada yang mengatakan kita harus mau menunda kesenangan dulu. berpegang pada hal tersebut.... untuk “sukses” menulis postingan dan tidak “kehabisan waktu” nge-blog dinihari ini. terpaksa saya menunda “kesenangan” asyiknya nonton bola : fulham vs arsenal... saya harus duduk konsen, fokus di depan notebook...

sebelum tidur... saya sudah punya “outline” apa yang akan saya tulis dinihari ini. tapi setelah bangun, saya jadi lupa sama sekali. apalagi setelah bangun tidur langsung duduk manis di depan tv, nonton bola... fokus pikiran jadi ke sepak bola... bukan ke postingan lagi. karena “prosesor” otak saya mungkin hanya pentium dua... agak susah loading-nya kalau di ajak mikir agak serius dan multitasking. agar saya bisa konsen. saya matikan tv, menghentikan nonton bola. tepat jam 3 dinihari. untuk me-refresh pikiran agar bisa berpikir...saya bawa ber-wudhu dan shalat sunat tahajud...

sekarang sudah bisa fokus ke postingan. pertanyaannya adalah “apa yang hendak saya tulis ?”... agak susah juga di jawab. pengen menulis seperti yang sudah rencanakan sebelum tidur tadi malam... saya lupa. tapi saya ingat dengan apa yang saya lakukan pada awal bulan desember 2011 kemarin. membuat daftar ide postingan. kenapa saya tidak membuat daftar ide postingan lagi untuk bulan januari ini ? adanya daftar ide postingan memang cukup membantu dalam hal “produktivitas” menulis postingan. namun, disisi lain dengan adanya daftar itu saya jadi malu dengan diri saya sendiri karena selalu saja tidak bisa memenuhi target sesuai daftar yang telah saya buat sendiri. dari daftar ide postingan yang saya buat di bulan desember tersebut... hanya delapan puluh persen saja yang bisa saya capai... sifat dan sikap saya yang kadang in-konsistensi terhadap komitmen yang telah dibuat, menjadi salah satu penyebab tak bisa mencapai target yang ditetapkan.

di bulan januari...saya ingin mengubah. kembali ke kebiasaan lama. menulis postingan mengalir saja. kalau ada ide...ya nulis...kalau nggak ada, ya nggak usah. secara sederhana itulah cara pikir yang saya gunakan. tapi ternyata, seperti dinihari ini. tanpa daftar ide...saya kesulitan juga untuk menulis. bingung mau nulis apa. sementara dibalik ini... saya punya resolusi dan resolusi ini “memaksa” saya untuk menulis di blog dengan memanfaatkan se-optimal mungkin waktu yang tersedia di dinihari ini.

tidak ingin berada dalam situasi yang bila setiap duduk manis di depan notebook, harus mengajukan pertanyaan dulu : “apa yang hendak saya tulis ?” sekarang saya harus “memeras otak” terlebih dahulu...membuat daftar ide postingan untuk satu bulan ke depan.

untuk itu saya stop tulisan saya ini. saya mau mikir lebih serius dulu... he..he... ufts, sebelum saya benar-benar menstop tulisan saya ini...saya ingin berbagi dulu hal-hal yang menurut saya menarik dan inspiratif dari surat kabar yang saya baca hari ini tadi.

disurat kabar kompas tanggal 31 desember 2011...dalam kolom ultimate-u halaman 25, yang ditulis oleh rene suhardono. saya kutip sebaris kalimat pendek yang cukup menyentuh alam pikir bawah sadar saya. kalimat tersebut intinya adalah tentang bagaimana kita menyikapi pergantian tahun dari 2011 ke 2012...

seperti yang diutlis oleh rene suhardono, berikut kutipan kalimat tersebut : “keistimewaan 2012 sepenuhnya terletak pada cara pandang terhadap diri sendiri untuk tahun 2012 dan seterusnya. oleh karena itu, pertanyaan yang paling relevan yang harus di ajukan bukan lagi “apa resolusimu pada tahun 2012?”. namun “apa yang harus benar-benar berbeda dari dalam diri agar tahun 2012 jadi lebih seru, asyik dan bermakna

demikian psotingan saya untuk dinihari ini. semoga bermanfaat dan menginspirasi.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.