January 28, 2012

tentang kebijakan baru google

malam ini agak “kaget” juga ketika buka laman blogger... setelah login, ternyata oleh google disajikan “menu” pemberitahuan dari google tentang perubahan kebijakan dari google yang akan menerapkan kebijakan tunggal per tanggal 1 maret 2012... dari yang saya baca di “menu” yang google sajikan tersebut saya “menangkap” beberapa pesan penting yaitu :

1#
google meniadakan lebih dari 60 kebijakan privasi yang berbeda di seluruh google dan menggantinya dengan kebijakan tunggal yang—menurut google—kebijakan baru tersebut jauh lebih singkat dan mudah dibaca. kebijakan baru google meliputi beberapa produk dan fitur, yang mencerminkan hasrat kami untuk membuat satu pengalaman indah yang intuitif dan sederhana di seluruh google.

2#
google meminta kita untuk meluangkan waktu membaca kebijakan privasi dan persyaratan layanan google yang diperbarui sekarang. karena ini penting perihal perubahan tersebut akan diterapkan pada 1 maret 2012.

3#
alasan-alasan google melakukan perubahan ;
pertama, agar mudah dipakai.
kata google kebijakan baru ini mencerminkan hasrat google untuk menciptakan pengalaman produk yang mudah digunakan saat dibutuhkan. entah itu membaca email yang mengingatkan rapat reuni keluarga atau menemukan video favorit yang ingin dibagikan, google ingin memastikan bahwa kita dapat berpindah dengan mudah antara gmail, kalender, penelusuran, youtube, atau apa pun yang sedang dibutuhkan.

kedua, khusus untuk anda
menurut google, jika kita login ke google, google dapat melakukan hal seperti menyarankan kueri penelusuran – atau menyesuaikan hasil penelusuran anda – berdasarkan minat yang telah kita tunjukkan di google+, gmail, dan youtube. google akan memahami lebih baik tentang versi pink atau jaguar mana yang anda telusuri dan memberikan hasil tersebut dengan lebih cepat.

ketiga, berbagi dan kolaborasi jadi gampang
saat mengeposkan atau membuat dokumen daring, kita sering kali ingin orang lain melihatnya dan berkontribusi. dengan mengingat informasi data kenalan orang yang ingin anda ajak berbagi, google memberikan kemudahan gi bkita untuk berbagi di semua produk maupun layanan google dengan sedikit klik dan galat.

keempat, perlindungan privasi anda tetap sama
kata google : tujuan kami adalah memberikan transparansi dan pilihan sebanyak mungkin kepada anda, melalui produk seperti google dasbor dan pengelola preferensi iklan, serta alat lainnya. prinsip privasi kami tidak berubah. selain itu kami tidak akan pernah menjual informasi pribadi anda atau membagikannya tanpa seizin anda (kecuali dalam keadaan yang jarang terjadi seperti permintaan hukum yang valid).

setelah membaca pratinjau dari kebijakan baru tersebut... saya sebagai pengguna layanan gratis dari google... mengamini saja isi kebijakan tersebut... terserah google sajalah, membuat kebijakan maunya seperti apa... nurut saja. nggak usah macam-macam. selama ini saya sudah menikmati layanan gratis yang disediakan google... dan saya berpikir positip saja : semakin canggih layanan gratis yang disediakan google.... semakin kita di “nyamankan” oleh google... he...he... sekarang saya belajar untuk bagaimana memanfaatkan “fasilitas mewah” yang gratisan dari google semaksimal mungkin....

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.