January 13, 2012

reading magazine : majalah swa dan pencerahan dari pak supiyo

jeda dari kerja dulu. memunculkan ide untuk membuat postingan lagi dengan membaca majalah swa edisi 01 januari 2012. alhamdulillah, pagi ini dapat peencerahan yang luar biasa setelah membaca tulisannya pak supiyo di halaman 130 majalah swa itu... alhamdulillah seperti mendapat “wejangan” berharga dari pak supiyo.

berikut beberapa “wejangan” pak supiyo yang saya resume :

1#
“umur manusia menentukan kematangan mengurai dan merangkai diri berpayung pada secercah harapan”. pak supiyo memang yahud dalam merangkai kata... membuat saya iri untuk bisa merangkai kata sehebat itu. he...he...

2#
pak supiyo mengingatkan tentang ucapan dari napoleon bonaparte : “kesuksesan dicapai dari rangkaian rajutan harapan dan keyakinan. titik awalnya bernama keinginan” saya pikir om napoleon cuma bisa berperang. bisa juga ternyata dia merangkai kata sarat hikmah dan makna memotivasi.

3#
saya tidak terlalu paham apa artinya dan saya berusaha menyalami makna terdalamnya. pak supiyo menuliskannya dalam bahasa inggris : “grow and nature it. you ‘ll be touched by your loving angel, softly, and tenderly”. garuk-garuk kepala dulu ah.... he...he...

4#
pak supiyo mengutip kata-kata martin luther king untuk “memberi penekanan” tentang bagaimana hakikat dari bekerja yang sesungguhnya. ditulis dalam bahasa inggris juga ada terjemahannya. agar saya bisa meresapi makna-nya lebih intens dan intim, saya baca yang terjemahannya saja. kata martin luther king : “jika seseorang terpanggil menjadi penyapu jalan, dia harus melakukannya sama seperti michealangelo melukis, beethoven mengarang lagu, atau shakespeare menulis puisi, dia harus menyapu jalan dengan begitu bersih, sehingga seluruh penghuni surga dan dunia berkata ‘disini seorang penyapu jalan yang agungmenyelesaikan pekerjaannya dengan baik’”.

mantap sekali, saya jadi ingin menambahkan sedikit : jika penyapu jalan saja “disetarakan” dengan shakespeare, dkk... apa lagi dengan seorang blogger... pasti boleh juga dong di sandingkan dengan kerjanya shakespeare dkk, he...he...

5#
pak supiyo memang mantap. sampai mengajak kita untuk memahami kredo francis bacon (1561 – 1626)... who francis bacon ? ufts... saya memang kurang gaul dan kridet title saya dalam hal membaca buku (klasik) sangat payah. tapi, siapalah francis bacon...nggak usah dipikir... yang menarik dan inspiratif adalah memahami lebih dalam kata-katanya... kali, agar keren saya tulis yang versi bahasa inggrisnya : “reading maketh a full man, conference a ready man, and writing an exact man”

terima kasih pak supiyo atas tulisannya yang mencerahkan...:-)

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.