January 20, 2012

dinihari yang keduapuluh : evaluasi dan “obat kuat” pembangkit semangat

(catatan dinihari)

dinihari ini saya bangun sedikit terlambat dibanding dinihari biasanya. keterlambatan ini “memaksa” diri saya dengan kondisi yang masih setengah mengantuk untuk “berpikir” cepat mencari ide dan menuliskannya... menggunakan waktu dinihari yang tersisa semaksimal mungkin, sehingga bisa membuat postingan paling tidak tiga postingan... dimulai dari postingan yang ini.

niat dari kemarin-kemarin dinihari ini, dinihari yang ke 20 di bulan januari atau hari ke 20 tahun 2012... untuk melakukan sedikit evaluasi atas apa yang saya lakukan dalam merealisasikan resolusi yang telah saya buat. evaluasi apa saja yang telah saya lakukan, apa yang belum, kendala yang saya hadapi, kenapa target yang dibuat tidak dilaksanakan....dan seterusnya...dan seterusnya... inti dari evaluasi adalah bukan sekedar mengoreksi apa yang salah dan apa yang kurang... tapi, juga untuk memperbaiki dan membuat target baru untuk direalisasikan sampai tanggal 31 januari nanti.


setelah melakukan evaluasi, sekarang saya harus men-set up motivasi dan semangat agar tetap “fight” sehingga apa yang saya targetkan disisa waktu sekitar 11 hari di bulan januari ini bisa saya capai. dari hasil blogwalking dan browsing di laman mbah google.... saya menemukan tulisan “tentang resep ampuh” yang menurut saya menarik dan inspiratif untuk di jadikan “obat kuat” pendorong semangat dan motivasi agar bisa maksimal dan optimal dalam merealisasikan target yang telah saya buat.

berikut resep ampuh tersebut :

1# tanamkan kuat kuat mantra berikut : kita pasti bisa
stop menganggap diri tak mampu melakukan suatu pekerjaan, karena anda pasti bisa. bagi banyak orang, tekanan justru bisa menjadi pendorong untuk bisa lebih maju dan berkembang. yang harus kita lakukan adalah mengontrol manajemen waktu, mengatur tingkat stres, dan menghilangkan hambatan dalam pekerjaan. jangan langsung menyerah sebelum action. yakinlah bahwa kita mampu melakukan berbagai hal dengan baik. tanamkan rasa percaya diri dan belajar untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik.

2# buat target realistis
untuk mencapai hasil yang maksimal, tentukan target yang ingin dicapai. namun, target tersebut harus dibuat secara terukur dan sesuai kemampuan, agar kita mampu merealisasikannya. hal ini termasuk target waktu, berapa lama anda dapat mencapai tujuan anda. adanya target dalam pekerjaan membuat kita akan sedikit memiliki tekanan, dan membuat anda lebih serius dan lebih produktif dalam melakukan pekerjaan.

3# jaga terus api semangat

rasa nyaman dalam bekerja sering membuat kita terlena dan malas untuk bekerja. semangat dalam menghadapi tantangan dalam bekerja merupakan pemicu penting untuk meningkatkan produktivitas, sehingga anda bisa fokus untuk mencapai tujuan pribadi maupun profesional. banyak hal kecil di sekitar kita yang menarik dan menginspirasi yang bias membuat semangat kita kian kuat dalam bekerja

4# stop untuk selalu ber-alibi
selalu ada alibi atau alasan yang bias dibuat untuk “pembelaan” atas ketidak mampuan kita mencapai tujuan, atau memenuhi target. kita harus berhenti mencari alibi sebagai alasan atau dalih untuk setiap kegagalan yang kita buat sendiri. lebih baik memikirkan solusi yang tepat agar pekerjaan bisa berjalan dengan baik, karena diri kita sendirilah yang memegang “remote control” diri kita dan pekerjaan kita

5# hapus kata "tidak bisa" dari kamus pikiran kita
kata-kata "tidak mampu" atau "tidak bisa" memiliki makna bahwa secara fisik kita tidak bisa melakukan apapun. namun hal ini mungkin juga menjadi kode bahwa "saya tidak mau melakukannya" atau "ini pekerjaan yang terlalu melelahkan". harusnya pikiran negatif seperti itu harus dihilangkan, dihapus dari dalam pikiran jika kita ingin mencapai tujuan dan target yang telah dibuat. kata-kata memiliki pengaruh yang besar terhadap mentalitas dan psikologis kita. ketika kita berkata bahwa kita mampu melakukan sesuatu, selalu ada solusi dan jalan untuk melakukannya.

6# be the best
untuk medapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan target yang hendak dicapai, kita harus benar-benar berkomitmen untuk bekerja lebih keras, lebih maksimal dan selalu untuk melakukan yang terbaik. tanamkan komitmen untuk selalu melakukan pencapaian yang terbaik.

7# laksanakan saat ini juga, detik ini juga
lakukan sekarang juga. stop perilaku yang mengulur waktu untuk memulai. stop juga kebiasaan menunggu last minute… dengan melakukan saat ini, artinya kita mempercepat dan mempermudah untuk merealisasikan target dan kita tidak akan menyiakan waktu yang ada.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.