January 24, 2012

menikmati liburan tahun baru implek, 23 januari 2012

menikmati liburan tanggal merah tahun baru imlek di rumah saja. selain karena tidak ikut merayakannya... saya juga tidak membuat agenda untuk berlibur di luar rumah. liburan kali ini lebih banyak saya isi dengan mengerjakan “pr alias pekerjaan rumah” mulai dari menyapu, cuci pakaian hingga menjemur kasur...he... he... memanfaatkan hari libur...

selesai mengerjakan “pekerjaan rumah” hal yang paling asyik buat saya di hari libur adalah saya bisa full membaca...dari buku, majalah, hingga surat kabar... dari banyak sumber bacaan yang telah saya baca... pas dengan moment tahun baru imlek... tentang ramalan tahun naga air dan tentang lampion...


berikut beberapa hal yang menarik dan inspiratif yang saya “ramu” dari membaca surat kabar dan majalah yang berkaitan dengan ramalan tahun naga air :

1# tentang tahun naga air. tahun naga air adalah 1 dari 12 simbol yang mengejawantahkan sistem penanggalan tionghoa. naga adalah salah satu sosok terkuat dalam sistem penanggalan tradisional tionghoa.

2# tahun naga air, konon bagi yang meyakininya digambarkan sebagai tahun yang membawa keberuntungan dan rezeki yang melimpah sekaligus juga tahun yang menghadirkan letupan-letupan kecil. sosok seekor naga juga menawarkan hal-hal yang positip : kekuatan, keberuntungan, dan wibawa.

3# berbeda dengan 11 shio lainnya, naga adalah makhluk legendaris yang tidak pernah hidup. apabila di barat naga dipersepsikan sebagai makhluk jahat, sebaliknya di timur atau cina naga adalah makhluk terhormat. naga djadikan simbol utama keberuntungan yang baik. dalam tradisi tionghoa naga disimbolkan mampu memberikan berkah dari timur, yakni kekayaan, panjang umur, harmoni dan kebajikan.

4# di tahun naga air, diramalkan sektor bisnis atau usaha yang memiliki kesempatan berkembang adalag usaha yang bergerak di elemen air atau kayu. bisa usaha minuman, teknologi informasi, garmen, perdagangan yang berhubungan dengan kertas, percetakan, atau perdagangan valas dan saham.

5# dalam filosofi cina, ada tiga macam keberuntungan yang masing-masing terbagi dalam tiga faktor yaitu keberuntugan surgawi, duniawi dan manusiawi.

6# shio naga. orang yang lahir di tahun naga biasanya inovatif, rajin dan telaten, percaya diri, berani, bersemangat dan agak mudah marah. cocok dengan shio tikus, macan dan ular. tidak cocok dengan shio anjing dan kerbau. tahun shio naga : 1904, 1916, 1928, 1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000

7# dalam merayakan tahun baru imlek, selain kartu ucapan imlek, amplop angpau, dan pohon mei hwa... lampion adalah salah satu simbol lainnya. masyarakat tionghoa biasanya selalu mengganti lampionnya dengan yang baru setiap perayaan imlek. hal ini diartikan sebagai simbol harapan akan rezeki yang baru.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.