January 15, 2012

good to great...

(catatan dinihari)

good to great
adalah judul sebuah buku yang ditulis oleh jim collins, seorang penulis buku best seller terkenal di ranah manajemen dan bisnis. dari buku tersebut, saya memetik beberapa pelajaran dinihari ini :


pelajaran pertama : berani menghadapi kenyataan terpahit, tanpa pernah kehilangan harapan
menurut jim collins dari hasil riset yang dia lakukan : perusahan-perusahan (mungkin juga orang / individu) yang hebat tidak akan pernah patah arang atau pesimistis. mereka akan terus berjuang dengan segala kekuatan dan kemampuannya untuk meraih hal yang diinginkan. sesuliat atau sepahit apapun kenyataan yang sedang dihadapi.

pelajaran kedua : fokus
seperti mata bor yang mampu menembus ketebalan kayu karena fokusnya sebuah bor. menurut jim collins, perusahaan hebat (juga individu yang hebat) sama seperti bor, fokus pada bidang usaha atau produk saja. dengan fokus kita akan dapat mencurahkan segala kemampuan di bidang tersebut.

pelajaran ketiga : budaya disiplin

jim collins mengatakan : “jika memiliki sumber daya manusia yang disiplin, tak diperlukan hirarki, jika punya pemikiran disiplin tidak diperlukan birokrasi. dan jika punya tindakan disiplin, tak diperlukan kontrol yang berlebihan. pada akhirnya perusahaan akan mendapatkan sebuah sistem yang alami, yang berjalan bukan lagi karena keterpaksaan pegawainya akibat peraturan yang diberlakukan, tetapi semua dikerjakan karena hati nurani”

pelajaran keempat : tidak ada yang instan
jim collins mengatakan : “perusahaan yang hebat meluncurkan program perubahan secara revolusioner dan restrukturisasi yang cepat, hampir dipastikan akan gagal. sehebat apapun hasil akhir yang di raih, tak akan bisa dicapai dengan waktu yang singkat.” disini kita bisa memahami untuk menjadi yang terhebat, membutuhkan proses dan proses dijalankan setahap demi setahap.

peluang usaha

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.