January 29, 2012

tahun naga air... sebagai momentum untuk perubahan

tahun baru imlek sudah hampir satu minggu berjalan. tapi “gaung” perayaan imlek dengan tahun naga air-nya masih terdengar sampai kini. satu hal yang paling menarik dan menginspirasi saya dari perayaan imlek dan keyakinan masyarakat tionghoa adalah filosofi di balik penyebutan tahun berdasarkan shio.


dari keyakinan masyarakat cina yang masih teguh memegang tradisi, kita jadi tahu penyebutan tahun berdasarkan shio tersebut, yaitu yang terdiri dari 12 shio (tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, babi). untuk tahun baru imlek kali ini, disebut sebagai tahun naga air.

tahun naga air ini oleh masyarakat cina disebut juga sebagai ren chen. penyebutan ren chen ini berdasarkan pada filosofi batang langit berunsur air positip (ren) dan cabang bumi berunsur tanah positip (chen). kemudian makna filosofis dari naga yang dipandang sebagai makhluk tertinggi di antara seluruh jenis binatang. naga adalah makhluk mitologi yang dipersepsikan memiliki tubuh besar, bersisik dan panjang seperti ular, kepala seperti sapi, bermoncong seperti keledai, bertanduk seperti rusa dan berkaki seperti burung phoenix. naga sebagai simbol shio, menjadi lambang dari kesempurnaan, kekuatan, keperkasaan, keberuntungan, keberanian, keamanan, kewaspadaan sekaligus kebaikan. sedangkan makna dari elemen air yang menyertai shio naga ini adalah sifat dari elemen air ini yang berubah-ubah melambangkan adanya perubahan. secara umum makna filosofi dari tahun naga air ini adalah sebagai tahun yang baik untuk mengadakan perubahan, perbaikan dan perkembangan.

berangkat dari refleksi tahun 2011 lalu yang bayak orang mengalami gejolak, bahkan kegagalan. tahun naga air di tahun 2012 ini bisa dijadikan momentum untuk mengadakan perbaikan dan melakukan perubahan. dengan makna filosofis tahun naga air yang memiliki pengaruh positip bagi kehidupan, upaya kita untuk melakukan perbaikan dan meraih kesuksesan dengan modal kerja keras dan berani menghadapi tantangan akan tercapai...

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.