January 23, 2012

reading newspaper : dari fengsui, puisi hingga mei hwa

membaca surat kabar kompas hari minggu, 22 januari 2012... dari membaca surat kabar tersebut mendapatkan pencerahan sekaligus meramu banyak hal yang menarik dan inspiratif... beberapa di antaranya adalah ; tentang fengsui, salman aristo, joko pinurbo, parodi-nya samuel mulia, legenda mei hwa...

berikut hasil meramu saya dalam versi lengkapnya :

1# tentang fengsui

beberapa hal yang menarik dan inspiratif tentang fengsui
fengsui adalah ilmu pengetahuan cina kuno—berumur lebih dari 4.000 tahun sebelum masehi—yang mempelajari bagaimana lingkungan mempengaruhi kehidupan manusia, khususnya dampak lingkungan itu pada keharmonisan dan kemakmuran.

fengsui adalah ilmu arsitektur china kuno yang banyak digunakan untuk menunjang keberhasilan dalam berbisnis oleh sebagian masyarakat. fengsui hanya berupaya membuat jalan hidup lebih selaras dengan alam dan tidak untuk mengubah takdir.

keberhasilan seseorang dalam berbisnis dan dalam kehidupan, pada dasarnya ditentukan oleh tiga keberuntungan, yaitu keberuntungan manusia, keberuntungan bumi, dan langit. keberuntungan manusia dibangun melalui perilaku yang baik, pendidikan dan pengalaman. sedangkan keberuntungan bumi didatangkan lewat fengsui yang mengatur tata ruang dan bangunan. sedangkan keberuntungan langit berupa talenta dan hoki.

2# tentang salman aristo

inspirasi dari seorang salman aristo, penulis naskah film

tentang sebuah meja yang menjadi teman setia salman aristo dalam menulis naskah skenario film. hebatnya dengan meja itu, seorang salman aristo bisa menulis banyak skenario film dengan pola kerja yang menurut saya luar biasa hebat. menulis mulai dari pagi hingga pagi lagi. pantas saja kemudian banyak sekali film yang skenario filmnya dia tulis ; misal film ayat-ayat cinta, garuda didadaku 2, laskar pelangi, jakarta magrib, lima elang, dan negeri lima menara...

menurut salman aristo ; rumah dan lingkungan sekitar adlaah sumber inspirasi ketika menulis. setiap lingkungan punya kisah, plot, dan karater sendiri. pada umumnya cerita yang bersumber dari lingkungan, ceritanya kuat dan menjadi refleksi banyak orang. dengan menambahkan sedikit imajinasi, kisah itu seperti bernyawa dan berdarah.

3# joko pinurbo dan puisi
kata jokpin : aku nulis puisi maka aku ada...

kata jokpin : puisi memang butuh orang-orang yang nekat karena ia tidak memberikan kecukupan ekonomi, butuh orang yang keras hati, keras kemauan. dan pemberani

kata jokpin : idealismeku, puisi memberi tawaran penyegaran terhadap bahasa. tidak bisa dibayangkan jika satu bangsa tanpa penyair. pasti bahasanya akan mandek. begitu juga bangsa tanpa bahasa akan mati. disitu peran penyair dibutuhkan.

kata jokpin : puisi berisi refleksi hidup. bagaimana kita melatih rasa damai menghadapi situasi. selain itu, tentu membuat kita juga lebih kontemplatif. hidup sekarang sudah keras. maka, sesekali kita bertamasya rohani lewat puisi, itu akan menyegarkan.

4# samuel mulia dan “curahan hati-nya” dalam kolom parodi berjudul “mata hati”

ditulis oleh samuel mulia dalam kolom itu dan beberapa penggal kalimat tersebut—yang menurut saya cukup menarik dan inspiratif, saya salin ulang dibawah ini :
“setiap pergantian tahun, saya selalu deg-degan dengan tiga hal utama : pertama, kesehatan, keuangan dan asmara. meski saya tahu, saya harus menjaga kesehatan dan menjaga emosi untuk tak boros atau tak sembarangan memasukkan makanan ke dalam tubuh. soal asmara pun saya tahu. kalau mau bahagia dan bahagia, ya..mencintai dalam jalur dan dalam cara yang benar. namun, satu hal yang tak pernah saya pikirkan dan timbang baik-baik adalah kualitas mata hati setiap tahun baru. itu mungkin yang membuat saya senantiasa bisa kesenangan sampai lupa diri atau cenat cenut sampai stress kalau melihat hasil mengintip ramalan perjalanan hidup tak secercah yang dharapkan”

5# legenda mei hwa

mei hwa adalah bunga yang berasal dari tiongkok. konon, di tiongkok sana bunga mei hwa ini merupakan pertanda datangnya musim semi dan bunga mei hwa ini sebagai hiasan saat implek tiba sehingga suasana menjadi sejuk, nyaman dan indah. dalam bahasa cina ; mei artinya cantik, hwa artinya bunga. jadi mei hwa berarti bunga yang cantik.

salah satu yang menarik dari bunga mei hwa ini adalah cerita legenda tiongkok tentang bunga tersebut. berikut ceritanya :
“alkisah, ada dua saudara kakak beradik yang bernama da jui (mulut besar) dan da shou (tangan besar) yang memiliki sifat bertolak belakang. da jui berusaha untuk menguasai harta sang adik dengan cara mengusirnya. dai jui yang pemalas dan serakah memberikan sang adik bagian yang sedikit dengan 3 rumah sederhana, 10 hektar sawah tandus, seekor anjing dan kambing. karena malas harta dai jui menipis hingga menjual keledai dan kudanya untuk membeli makanan. berbeda dengan sang adik da shou yang terus bekerja keras dengan dibantu anjing dan kambingnya mengerjakan sawah dengan tekun. hasilnya da shou memiliki hasil yang berlimpah dan cukup cadangan makanan untuk melewati musim dingin. akibatnya da jui iri dan berniat untuk membunuh anjing dan kambing adiknya dengan cara menaburkan racun ke dalam makanannya. mendapati anjing dan kambingnya mati, da shou berduka dan menguburkan kedua hewan itu dihalaman belakang rumah mereka. saat memasuki musim semi tahun kedua, diatas makam kedua hewan itu tumbuh dua batang pohon kecil. salah satu pohon tersebut menghasilkan emas, dan satunya lagi menghasilkan perak. sejak saat itu da shou menjadi makmur. dari lagenda itu masyarakat tionghoa berupaya meneladaninya dan memajang pohon mei hwa di setiap perayaan tahun baru imlek."

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.