January 31, 2012

sedikit catatan pagi untuk semangat yang tak boleh padam

subuh yang sangat dingin, sampai pagi ini juga masih sangat dingin. rasanya mau membeku saja seluruh tubuh... nggak kuat menahan dingin. tidak ingin semangat dan motivasi ikutan membeku... untuk menghangatkan “pikiran” saya bawa baca ulang majalah tarbawi edisi 5 januari 2006... dari majalah tarbawi tersebut, pagi ini saya mendapat “asupan” yang cukup hangat dan bergizi ; jangan sampai kehilangan semangat. dalam postingan ini, saya tulis ulang dalam versi saya ; semangat yang tak boleh padam.

ketika resolusi telah kita pancangkan dengan keyakinan dan tekad yang kuat, akan melahirkan sebuah semangat untuk merealisasikannya. untuk itu ada konsekuensi dan harga yang harus dibayar : action... tindakan...segera berbuat untuk merealisasikannya. tanpa action, tanpa tindakan nyata, semangat itu, cepat atau lambat akan pudar, redup dan mungkin akan padam, mati, tak berarti sama sekali.

satu konsekuensi lanjutan kemudian dari action kita, dari tindakan yang kita lakukan adalah fisik kita harus siap lelah, letih, kurang tidur bahkan sakit menanggung beratnya beban dalam merealisasikan semangat. berbanding dengan hasil yang akan kita dapatkan dikemudian hari. segala konsekuensi tersebut tidaklah berarti. menghadapi segala macam halangan dan konsekuensi yang muncul akan menjadikan hidup kita lebih dinamis, lebih berwarna, lebih kuat dan lebih bijaksana. akan banyak hal-hal baru dengan segala plus minusnya yang kita dapatkan dari menanggung beban semangat.

seberapa beratnya pun beban yang harus kita tanggung, baik fisik ataupun mental. sebelum resolusi terwujud, sebelum semua impian tleah kita gapai, jangan pernah ada kata menyerah, berhenti atau kalah. kita tidak boleh kalah oleh keadaan dan membiarkan api semangat padam.

terus melangkah, mengapai impian...

demikian, sedikit catatan pagi ini sekedar untuk mengusir dingin yang lumayan menggigit...

1 comments:

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.