January 31, 2012

reading magazine : majalah tempo dan 12 fakta menarik tentang negeri cina

membaca ulang majalah tempo edisi 23 – 29 januari 2012... saya meramu beberapa hal menarik dan inspiratif dari sajian “menu khusus” majalah tempo kali ini... tentang negeri cina... seperti yang menjadi headline cover majalah tempo edisi ini : liputan khusus kapitalisme buatan cina...


berikut 12 fakta menarik tentang negeri cina dari hasil meramu saya tersebut :

1#
ekonomi cina dalam 30 tahun terakhir berkembang sangat pesat. ekonomi tumbuh di atas dua digit secara konsisten. anek macam barang buatan cina menyebar ke seluruh dunia—sejak tahun 2010 cina menjadi negara pengekspor terbesar di dunia. cadangan devisa negara cina kini menjadi yang terbesar di dunia.

2#
ekonomi cina yang maju pesat berdampak pada tingkat konsumsi rakyatnya. daya beli rakyat cina tumbuh 18 persen. mereka kini tidak hanya memborong barang pasaran tapi juga produk seperti tas, sepatu dan mobil dari merk prominen.

3# empat dari sepuluh pusat perbelanjaan terbesar di dunia kini berada di cina. peringkat pertama dan kedua mal terbesar di dunia bahkan berlokasi di negeri naga dan burung hong ini, yaitu south cina mall di dongguan dan golden resources mall di beijing.

4#
meski harus memberi makan 1,2 milyar penduduk, ternyata cina masih surplus bahan pangan. bahkan menjadi produser makanan terbesar di dunia.

5#
seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi, cina mulai membenahi militernya. anggaran militer cina kini mencapai us$ 91,5 milliar dan meningkat dua digit setiap tahun. menjadikan cina sebagai negara dengan belanja militer terbesar kedua di dunia setelah amerika serikat.

6#
hebatnya geliat sang naga atau negeri cina menarik untuk diperhatikan dengan seksama. apalagi di tengah krisis ekonomi yang melanda amerika serikat dan eropa, ada kecenderungan cina akan memperluas pasar ekspornya ke kawasan asia tenggara.

7#
kota shenzhen adalah contoh sukses eksperimen ekonomi den xiaoping. di shenzhen, industri jasa, keuangan dan teknologi tinggi di prioritaskan. kota ini juga memiliki bandara tersibuk keempat di cina dan pelabuhan kontainer tersibuk nomor empat di dunia.

8#
ambisi negeri tirsi bambu membangun silicon vallley di cina tak lepas dari pasar dalam negeri. bekas ceo google cina, kai fu lee mengatakan peluang cina membangun “silicon naga” asia sangat tinggi. ratusan perusahaan teknologi dunia berebut untuk berinvestasi.

9#
untuk mendukung laju perekonomiannya, cina membangun transportasi cepat dalam satu dekade terakhir. kini cina memiliki 9.676 kilometer jalur kereta cepat dan ini merupakan terpanjang di dunia.

10#
dunia kini melihat cina yang seolah tanpa lelah membangun infrastruktr negaranya. pemerintah cina mungkin sadar, hanya dengan infrastruktur yang memadai, perekonomian bisa tetap bergerak. separuh dari total investasi yang menyumbang produk domestik bruto dihabiskan untuk membangun jalan, jembatan dan kereta, pelabuhan, dan gedung bertingkat.

11#
kota chongqing merupakan salah satu potret kemajuan ekonomi cina yang mencengangkan dunia. dimulai 13 tahun lalu, saat dua pemimpin cina pasca deng xiaoping, yaitu presiden jiang zemin dan perdana menteri zhu rongji, membuka kawasan barat atau yang dikenal dengan “xibu da kaifa” untuk memperkeci lketimpangan sosial ekonomi dari wilayah timur. sebelum proyek wilayah barat dibuka, produk domestik bruto chongqing hanya 142 milyar yuan atau sekitar 198 trilliun. tapi kini, hingga akhir 2010, pdb chongqing mencapai 792,6 milliar yuan atau sekitar 1.109 triliun.

12#
taicang, kota kecil di utara shanghai, sibuk mengubah diri. contoh bahwa strategi lebih penting ketimbang modal. pemerintah kota tiacang membangun sejumlah cluster industri dengan motto “setiap perkampungan, satu masa depan”.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.