January 30, 2012

mengenal 12 macam gaya postingan di blog

saya pikir subuh ini akan hujan deras. melihat langit sangat mendung dan gerimis memulai hujan... ah, ternyata tidak jadi hujan, meski masih mendung menggelayut. menunggu hujan, menunggu ide datang...he...he... kalau hujan, saya punya alasan untuk menunda jam berangkat kerja...yah, ketahuan deh... dan itu sama artinya, saya punya waktu untuk membuat postingan lagi... wkwkwk... kesempatan dalam kesempitan.

sebelum berangkat kantor—karena masih subuh juga—saya sempatkan bongkar bongkar file lama, bahan-bahan tulisan hasil meramu dari browsing dan googling...membaca ulang banyak tulisan... dan ada salah satu tulisan yang memikat hati saya... tulisan tersebut menurut saya patut juga untuk ditulis ulang... yah... akhirnya muncul ide sedikit “jahil” untuk me-remaks, me-recycle tulisan tersebut ... tulisan ini saya pikir ide-nya masih relevan, menarik dan inspiratif... berikut hasil re-maks tulisan tersebut dalam versi saya :

judulnya : mengenal 12 macam gaya postingan di blog

1#
original posting : biasanya isi postingan ini tentang share ide-ide orisinil, pemikiran yang mendalam, trend dan komentar tentang suatu topik. gaya postingan ini
termasuk gaya menulis postingan blog yang paling sulit dilakukan.

tingkat popularitas postingan ini : masuk skala 4 atau tinggi (4).

2#
trending topic posting : isi postingan tentang suatu topik yang sedang populer dan ramai ditampilkan di media massa. bisa ditulis dalam bentuk opini, analisa, atau features. postingan ini masuk dalam kategori sedang-sedang saja dalam kesulitan penulisannya.

tingkat popularitas postingan ini : masuk skala 4 atau tinggi

3#
diary posting : isi postingan ini adalah catatan harian, ceritan nyata dari apa yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. bisa berbentuk curhatan, tulisan isi pikiran yang ditulis sesukanya, semaunya. gaya postingan ini relatif mudah dibuat. tidak terlalu sulit.

tingkat popularitas postingan ini : masuk skala 3 atau sedang

4#
brand posting : isi dari postingan ini adalah tentang pendapat, opini yang positif mengenai suatu brand, personal atau produk. isi postingan bisa juga berupa asosiasi individu penulis dengan suatu brand baik sifatnya resmi atau tidak resmi. tulisan ini cukup mudah dibuat.

tingkat popularitas postingan ini : masuk skala 2 atau rendah

5#
postingan surat pembaca : kenapa saya menuliskannya dengan sebutan postingan surat pembaca…he…he… karena isi dari posting mirip-mirip dengan kebanyakan isi surat pembaca yang biasa di muat di surat kabar, isi postingan ini tentang rasa tidak suka, komplen terhadap suatu layanan, produk atau brand. biasanya karena si penulis atau blogger tersebut mendapatkan pengalaman buruk ketika menggunakan layanan, produk dan brand tersebut.

tingkat popularitas postingan ini : masuk skala 4 atau tinggi

6#
news posting : dari banyak info yang saya dapat, mesin pencari google panda sangat suka dengan gaya postingan berita ini. tak heran tingkat popularitas dengan gaya postingan ini sangat tinggi, masuk skala 5… news posting berisi postingan berupa suatu berita, sesuatu peristiwa / kejadian yang bakal ramai dibicarakan orang, pengumuman atau isu besar yang tidak diketahui umum sebelumnya. gaya ini akan powerfull jika postingan kita menjadi penyebar berita yang pertama.

7#
bookmark posting : isi dari posting ini adalah kumpulan atau refrensi link situs, blog atau konten lain yang dibutuhkan oleh pembaca. apabila postingan ini berisi informasi yang menyajikan link yang sangat dibutuhkan oleh pembaca, maka jangan heran url posting kita ini akan dibookmark dan disimpan oleh pembaca kita. membuat postingan dengan gaya ini cukup mudah.

tingkat popularitas postingan ini : masuk skala 4 atau tinggi

8#
video posting : posting ini isi adalah video orisinil yang kita buat sendiri. bisa juga video yang kita upload video di youtube, kita buatkan link-nya di posting blog kita dan kita beri komentar dan analisa yang menarik. selain postingan yang kita buat sendiri, bisa juga berisi postingan video milik orang lain, yang di share di youtube atau di blog lain yang kita buat link di blog kita. tingkat popularitas postingan ini tergantung dari kualitas video dan komentar yang kita sampaikan.

9#
foto posting: ini mirip dengan gaya video posting, tapi yang ditampilkan adalah berupa foto. jepretan foto yang kita ambil dari kamera kita sendiri. selain menampilkan foto-foto, bisa juga kita tambahkan capture, berisi komentar atau penjelasan dari foto tersebut. gaya foto posting ini sangat mudah dibuat, sangat tepat untuk sesekali membuat postingan dengan gaya ini untuk meng-intermezo pembaca kita yang sudah terbiasa membaca artikel yang berbentuk text di blog kita.

tingkat popularitas postingan ini : masuk skala 3 atau sedang

10#
review posting : postingan ini biasanya berisi tentang opini dan review yang jujur dari kita mengenai suatu produk atau layanan. bisa karena adanya permintaan, bayaran, atau inisiatif kita pribadi. gaya postingan yang relatif mudah dibuat, popularitas-nya cukup tinggi.
tingkat popularitas postingan ini : masuk skala 4 atau tinggi

11#
list posting : isi dari gaya postingan ini biasanya tentang rangking atau kumpulan tentang suatu hal. isi tulisan dari postingan ini bisa di buat secara sederhana dengan menggunakan metode penilaian, pemilahan dan perangkingan yang sederhana. apabila isi dari postingan ini dinilai pembaca menarik dan bermanfaat biasanya akan di bookmark dan disebarluaskan oleh pembaca blog kita. gaya postingan seperti ini cukup mudah dibuat.

tingkat popularitas postingan ini : masuk skala 5 atau tinggi

12#
copas posting : sudah tahu kan apa itu copas ? he..he… copas posting ini biasanya isi adalah tulisan atau postingan yang mengambil dari dari blog atau situs milik orang lain dan memposting-nya di blog kita. biasanya juga yang termasuk dalam gaya postingan ini adalah copas yang di tambah dengan komentar sekedarnya… sangat mudah untuk membuat postingan seperti ini.

tingkat popularitas postingan ini : masuk skala 1 atau sangat rendah

sebenarnya, gaya macam-macam postingan tidak hanya 12 macam saja. ada banyak lagi… tapi untuk postingan ini saya tuliskan 12 saja… kapan-kapan ada waktu akan saya buatkan postingan tambahannya…. he…he…

keterangan tambahan :


skala tingkat popularitas postingan maksudnya adalah tingkat dari kemungkinan banyaknya pembaca yang akan membaca postingan tersebut, termasuk juga tingkat optimasi popularitas di mata mesin pencari google. skala tersebut saya buat dalam versi saya sendiri yang saya bagi dalam tingkatan skala sebagai berikut :
skala 1 : sangat rendah
skala 2 : rendah
skala 3 : sedang
skala 4 : tinggi
skala 5 : cukup tinggi

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.