January 7, 2012

catatan diri hari : inspirasi menghilangkan stress

alhamdulillah mendapat inspirasi yang mampu memompa kembali semangat yang terasa kendur ketika bangun tidur dinihari ini... sadar bahwa dinihari ini adalah sudah masuk hari ke tujuh bulan januari 2012. artinya sudah hampir satu minggu tahun berlalu. dan saya ingat, resolusi yang telah saya buat, target mingguan yang sudah saya tetapkan untuk saya realisasikan. setelah saya evaluasi... saya baca lagi daftar target yang harus saya laksanakan : pening juga kepala ne jadinya... lebih banyak yang tidak dilaksanakan. minggu pertama di tahun 2012 yang harus saya katakan dengan jujur : minggu pertama gagal.

menyesali apa yang sudah terjadi satu minggu ini. bisa membuat stress. bagaimana bisa mewujudkan 99 resolusi untuk tahun 2012... kalau dilangkah pertama saja sudah gagal... every big dream... start from a small step, at time...

untuk menghilangkan strees yang mendera saya berusaha untuk mencari suplemen penghilang stress sekaligus bisa membangkitkan semangat... iseng saja saya buka kembali laman member area cafebisnis.com... saya membaca banyak artikel motivasi. dan dinihari ini saya seperti mendapatkan pencerahan, motivasi baru plus up date cakrawala berpikir saya... berikut 12 hal yang sangat meng-inspirasi yang saya dapatkan dari hasil membaca artikel-artikel motivasi di cafebisnis.com :

pertama, tentang arti kerja keras
kerja keras merupakan syarat utama untuk membangun bisnis apapun. kata kerja keras memang mudah di tulis, di ucapkan, tapi tetap nggak mudah untuk menjalankannya. anda perlu bekerja keras setiap hari untuk membangun bisnis anda jika anda ingin mendapatkan penghasilan. setelah anda mulai dapat penghasilan pertama, jalan berikutnya akan terasa jadi lebih mudah. tapi anda masih perlu bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang berkelanjutan pada hari-hari mendatang.

kedua, arti penting komitmen dan tekad
kita tetap butuh tekad, komitmen yang kuat untuk mencapai sukses karena tidak akan mudah untuk mewujudkan resolusi. akan ada banyak kendala yang menghalangi kita, tetapi jika anda punya komitmen untuk sukses, untuk berhasil maka anda akan menemukan cara-cara kreatif untuk dapat mencapai tujuan

ketiga, langkah pertama menuju sukses dan harga pencapaiannya

Tidak akan ada angka 9 kalau kita tidak memulai dengan start angka 0, 1, 2, 3 dan seterusnya. Bayangkan betapa enaknya hidup kita kalau kita bisa sukses melampaui kawan-kawan seusia. Dan juga bayangkan betapa menderitanya hidup kita kalau kita sampai gagal dan cuma jadi penonton bagi kesuksesan orang lain


keempat, membangun kebiasaan efektif
kebiasaan efektif akan menjadi pelayan setia yang dengan setia dan tanpa diminta akan tetap membantu pemiliknya untuk tumbuh berkembang dan sukses. sebaliknya, kebiasaan yang tidak efektif akan menjadi majikan yang kejam yang tanpa belas kasihan memaksa pemilik kebiasaan itu untuk melakukan hal-hal buruk, yang bahkan merusak dirinya sendiri, dan mendorong untuk menjadi gagal bahkan menderita.

kelima, arti penting usaha dan perencanaan diri
keberhasilan, kesuksesan tidak hadir begitu saja tanpa adanya usaha. buatlah perencanaan untuk diri anda sendiri tentang berapa banyak waktu yang anda gunakan untuk mencapainya. tantangan terbesar atau halangan yang kita hadapi dalam usaha mewujudkan resolusi adalah masalah disiplin diri. lebih spesifik lagi disiplin waktu. kita tidak akan sadar telah kehilangan banyak waktu sampai penyesalan itu datang di belakang hari.

keenam, orang sukses tidak berhenti belajar

kita mungkin banyak mendengar kisah sukses bahwa banyak orang sukses hanya bekerja beberapa jam sehari dan dapat memiliki waktu liburan panjang. tapi kita mungkin tidak tahu bahwa hidup mereka sesungguhnya tidak semudah yang kita bayangkan. mereka pernah bekerja sangat keras untuk merencanakan bisnis mereka, pemasaran bisnis, dan melakukan apa saja dan belajar cara terbaik untuk mencapai target mereka.

ketujuh, belajar dari yang terbaik untuk menjadi yang lebih terbaik
setiap orang memiliki jalur sukses yang unik dan khas. satu cara bisa jadi cocok bagi orang lain sementara belum tentu bagi anda. kewajiban kita adalah belajar dari yang terbaik dan terus meningkatkan kemampuan diri mengejar ketertinggalan. “jadilah yang terbaik dan lebih baik lagi”.

kedelapan, untuk sukses harus ada proses
butuh waktu dan kerja keras untuk meraih kesuksesan. keberhasilan tidak bisa terwujud / terjadi hanya dalam semalam suntuk. kita harus berusaha melewati proses untuk mendapatkannya. mungkin ada orang yang beruntung mendapatkan hoki bisa sukses dalam satu malam, tapi secara umum kita membutuhkan waktu dan proses untuk mencapai titik kesuksesan.

kesembilan, arti penting ketekunan
belajar setahap demi setahap memang membosankan sekaligus melelahkan. seringkali kita tergoda untuk cari jalan pintas meski dengan resiko fatal. percayalah, disiplin diri dan ketekunan akan berbuah manis di kemudian hari. mungkin hasil terbaik bukan anda raih saat ini, namun pengalaman dan pengetahuan yang didapat akan melahirkan berbagai potensi yang kelak akan menjadi nilai unggul diri anda.

kesepuluh, arti penting gairah, visi dan aksi
setiap kisah sukses memiliki kesamaan dalam tiga hal: gairah dalam bekerja, visi yang jelas, dan aksi nyata mencapai impian. ketika kita sudah dimotivasi oleh tujuan yang sangat bermakna, oleh cita-cita yang menunggu pencapaian, dan oleh cinta murni yang butuh ekspresi, kita sudah bisa menjalani hidup.

kesebelas, kitalah yang tahu tentang diri kita
tidak ada yang bisa memberi tahu apa yang akan terjadi kepada diri kita karena cuma kita sendiri yang paham keadaan kita yang sebenarnya. bahasa kerennya: you know you so well…! kita harus menjadi orang yang tegas dalam membuat keputusan akhir jika kita ingin benar-benar memastikan itu adalah cara terbaik bagi kita untuk meraih sukses.

keduabelas, mewujudkan mimpi besar dengan action minimalis

mimpi besar harus dicapai dengan tindakan besar. gak mungkin kita ingin rumah mewah tapi melakukan aktifitas yang hanya bisa menghasilkan uang yang cuma cukup buat sewa kos-kosan. kita butuh tindakan besar yang menghasilkan penghasilan besar. teorinya begitu, tapi pada prakteknya kita sering menemui kendala. salah satu kendala yang paling mengganggu adalah mental. kita punya mimpi besar, sementara kita tidak bisa melakukan tindakan besar. untuk itu kita bisa memecah mimpi besar itu menjadi tindakan yang kecil atau katakan minimalis. kumpulan dari tindakan kecil itulah yang akan menjadi langkah kita mewujudkan mimpi besar kita.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.