January 9, 2012

coffe morning : tentang affiliate marketing

salah satu bisnis online yang boleh dikatakan paling “jadul” tapi sampai kini masih populer dan powerfull... para pakar internet marketer biasanya sering merekomendasikan kepada pemula yang ingin “merambah” bisnis online untuk terlebih dahulu menjajal “peruntungan” di dunia affiliate marketing. selain karena alasan lebih mudaha djalankan juga karena lebih cepat menghasilkan.

secara sederhana, affiliate marketing di definisikan sebagai proses pemasaran di internet untuk menjual produk-produk orang lain. apabila produk yang kita tawarkan tersebut ada yang membeli maka kita sebagai affiliate akan mendapatkan komisi. besarnya komisi tergantung dari ketentuan yang telah ditentukan oleh pemilik produk.

di dunia nyata, istilah affiliate marketing ini bisa disamakan dengan makelar atau perantara. dibanding makelar di alam nyata..he...he... menjadi affiliate marketing di internet potensi pendapatannya jauh lebih besar dan proses pemasarannya jauh lebih mudah. di internet, sebagai affiliate marketer tugas kita “hanya” mendatangkan kunjungan sebanyak-banyaknya ke web merchant yang produknya kita pasarkan.


untuk mengetahui bahwa pengunjung yang datang atau membeli produk tersebut datang dari kita, maka ketika kita mendaftar sebagai affiliate kita akan diberi sebuah link khusus atau “affiliate link” oleh merchant. dengan adanya affiliate link inilah merchant tahu dari affiliate siapa pengunjung datang dan melakukan pembelian. link affiliate ini sebenarnya mirip-mirip dengan link web merchant, bedanya hanya pada tambahan kode affiliate dibelakang web.

dipelajari lebih jauh. cara kerja affiliate marketing sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk dijalankan. bergabung untuk menjadi affiliate suatu produk pun sekarang sudah sangat mudah. bahkan banyak yang gratis, tanpa perlu kita membeli terlebih dahulu produk milik merchant.

namun, meski tampak mudah bukan berarti tidak diperlukan keseriusan, ilmu yang cukup dan kerja keras dalam menjalankan bisnis affiliate marketing ini. sebelum melangkah untuk menjadi affiliate marketing, beberapa pertimbangan berikut mungkin layak dijadikan referensi :

apa produknya ?
produk yang dijual haruslah yang bermutu tinggi dan banyak diminati atau dibutuhkan. paling tidak kita tahu bahwa produk tersebut memang kita butuhkan. karena itu, kita harus hati-hati dalam memilih produk yang hendak dipasarkan. pastikan terlebih dahulu bahwa produk tersebut memang produk yang bermutu.

merchant
sebagai affiliate marketers kita harus referensi tentang merchant bahwa merchant tersebut layak dipercaya dan bonafid sebagai merchant. usahakan cari informasi dari sumber yang dapat dipercaya mengenai perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut. website yang dimiliki oleh suatu mernchant biasanya membuat halaman khusus yang memberikan keterangan tentang segala hal yang berkaitan dangan merchant tersebut. halaman ini biasanya adalah halaman about us atau contact us. carilah dan bacalah halaman ini sebelum mengikuti program affiliasi yang ditawarkan.

harga produk
pertimbangan masalah harga itu penting. jangan silau dengan harga produk yang mahal dan komisi yang tinggi. trik-nya : semakin murah harga yang diberikan, semakin mudah pula kita untuk memasarkannya. lihat luasnya pasar yang bisa kita cover dengan harga yang murah, gunakan waktu kita seefektif mungkin dengan harga produk yang mudah dijangkau pembeli.

komisi
untuk apa kita jadi affiliate kalau tidak mendapatkan komisi yang sepandan. cari merchant yang menawarkan komisi yang besar. dengan komisi yang besar, tentu kita punya semangat dan motivasi lebih dalam memasarkan produk. semakin besar komisi yang diberikan berarti semakin besar pula kesempatan kita untuk menghasilkan uang dari transaksi yang terjadi.

alat (tools) affiliate
merchant yang bagus selalu menyediakan menawarkan tools seperti banner untuk ditempatkan di blog atau website kita sebagai affiliate marketers. bahkan saat sekarang banyak merchant yang menyediakan web duplicate yang bisa kita gunakan secara gratis untuk mempromosikan produk yang kita pasarkan.

support merchant
sebagai affiliate marketers mungkin kita akan bertemu masalah diman ada pengunjung atau calon pembeli yang menanyakan hal-hal yang belum kita ketahui mengenai produk yang dipromosikan. untuk itulah support dari merchant harus bisa memberikan bantuan memberikan penjelasan kepada calon pembeli. merchant harus dengan mudah dapat kita kita hubungi dan diminta bantuannya, baik secara online via ym, bbm, atau facebook misalnya ataupun melalui jalur offline seperti sms atau telpon.

harus membeli
kini banyak merchant yang tidak mengharuska kita membeli produk mereka terlebih dahulu sebelum menjadi merchant. namun, sebagai affiliate marketing seharusnya kita sebelum mempromosikan suatu produk kitalah yang lebih dahulu membeli dan mencoba produk tersebut.

transparan
merchant menyediakan tools, laporan transaksi dan data pendapatan serta penjualan yang mudah kita akses setiap saat sehingga kita tahu informasi atau grafik perkembangan pemasaran produk yang kita jalankan.

proteksi
merchant yang baik akan melakukan hal terbaik untuk melindungi pendapatan kita sebagai affiliate marketers. merchant akan memastikan bahwa kita akan mendapatkan kredit atau komisi dari penjualan yang kita hasilkan.

cara pembayaran komisi
pastikan sebelum kita menjadi affiliate marketing, kita memiliki kejelasan dari merchant tentang mekanisme pembayaran dari komisi yang berhasil kita dapatkan.

panjang juga ya paparan postingan ini... kayaknya cukup jelas apa itu affiliate marketing. sekarang, adakah contoh rill yang bisa saya rekomendasikan affiliate marketing yang bisa kita jalankan saat ini... tentu ada dong... he...he... pengen ikutan gabung ? boleh...boleh...boleh... salah satu affiliate marketing yang menurut saya sangat memenuhi pertimbangan yang telah saya sebutkan di atas adalah cafebisnis.com http://cafebisnis.com/?reg=syam3

kenapa cafébisnis.com ? karena sudah memenuhi kriteria yang telah dipaparkan di atas. Juga komisinya lumayan gede, fasilitas yang disediakan juga sangat mendukung kerja kita sebagai affiliate marketer... pengen ikutan... yuk gabung...klik disini saja....

2 comments:

  1. @ jiah al jafara : kalau begitu sempatkan saja untuk belajar bisnis online...asyik lo...he...he...

    ReplyDelete

terima kasih sudah berkunjung di blog ini. senang rasanya anda berkenan meninggalkan komentar di blog ini.